10 Warga Samalanga Terpapar Covid19, Satu Dalam Perawatan

 


LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Warga Samalanga Kabupaten Bireuen yang terpapar atau terindikasi Covid19 sebanyak 10 orang semuanya merupakan warga Gampong Mideun Jok.


Hal itu disampaikan oleh Kepala Puskemas Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen Drg. Mutia Ismail, warga yang terpapar Covid19 hingga Kamis 6 Agustus sebanyak 10 orang.

“Hanya 1 orang yang sedang menajalani perawatan di RSUD Fauziah, namun namun sedang menunggu hasil tes, karena belum keluar swabnya, yang 9 lainnya, 7 orang sudah selesai menjalani isolasi, sementara yang masih menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing tinggal 2 orang,” kata drg. Mutia kepada lintasnasional.com

Menurut drg Mutia dari 10 orang tersebut, sebagiannya dari kluster Tgk. HB salah satu pimpinan Dayah di Samalanga namun ada yang dari kluster lainnya.

“Isolasi mandiri yang dijalani 2 orang tersebut hanya sisa 5 hari, mereka tidak dilakukan tes lagi karena stok alat swab di Aceh sudah menipis, jika nantinya selesai Isolasi mereka sehat-sehat maka sudah bisa beraktifitas seperti biasa,” lanjut Mutia

Meutia mengatakan, sejauh ini pihak Puskesamas Samalanga sudah mendata semua warga yang pernah kontak lansung baik dengan Tgk. HB maupun dengan pasien positif lainnya.

Baca Juga:  Oknum DPRK Aceh Timur Amat Lumbeng Diduga Keroyok Aktivis Yunan Nasution

“Kita sudah minta dan menghimbau siapa saja yang sudah kontak dengan pasien Covid19 supaya segera melaporkan untuk menjalani tes, itu demi memutus mata rantai,” lanjunya

Mutia mengatakan dari jumlah keseluruhan di Kabupaten Bireuen sejumlah 25 orang 9 diantaranya merupakan kluster Samalanga, dalam hal ini pihaknya harus bekerja ekstra ketat untuk memutus mata rantai di Kecamatan tersebut.

“Kita sudah melakukan sosialisasi serta melakukan penyemprotan disinfektan di Dayah-dayah sementara untuk tempat keramaian seperti Warkop, pasar, tempat ibadah rencananya dalam waktu dekat,” kata Mutia lagi

Untuk memutus mata rantai Covid19 ia menghimbau masyarakat Samalanga agar menghindari tempat-tempat Keramaian, memakai masker dan cuci tangan secara rutin.

“Hindari kontak dengan orang luar serta patuhi protokol kesehatan ini demi memutus mata rantai pandemi Covid,” pungkasnya (Kha)