Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional
Daerah  

Abu Suhai Perkuat Tim TKD di Kutablang

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Ketua Dewan Pengarah Forum Pemuda Keder Dakwah (PAKAD) Kabupaten Bireueun, Suhaimi Hamid SSos MSp atau yang kerap disapa Abu Suhai, menghadiri apel siaga yang digelar Tenaga Kader Dakwah (TKD) Kutablang, Kabupaten Bireuen, di masjid besar Al-Ikhlas kecamatan setempat, Selasa 24 Oktober 2023

Apel tersebut digelar Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Bireuen, dengan tujuan untuk memperkuat tim TKD yang ada di kecamatan setempat.

Selain Abu Suhai, kegiatan itu juga turut dihadiri Ketua HUDA Bireuen, Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab atau yang kerap disapa Ayah Sop Jeunieb, Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Anwar SAg MAP, ketua TKD Kutablang, muspika, tokoh masyarakat, dan ratusan pemuda perwakilan setiap gampong yang pernah mendapat pelatihan maupun bimbingan di masing-masing desa.

Suhaimi Hamid kepada Harian Rakyat Aceh mengaku, dirinya siap menghadiri setiap apel siaga yang dilakukan di 17 kecamatan lingkungan Kabupaten Bireuen, karena menurutnya, dakwah di kalangan pemuda yang sudah dilakukan selama ini sangat banyak manfaatnya.

“Saya berkomitmen untuk berdakwah di seluruh kecamatan. Saya juga akan terus mensupport segala bentuk pembinaan kepada kader dakwah kedepannya,” sebut dewan Bireuen itu.

Ia juga mengharapkan kepada kader muda, supaya tidak bosan-bosannya berdakwah di gampong-gampong, karena baiknya suatu gampong sangat ditentukan baiknya moral pemuda.

“Berdakwah tidak harus di masjid, tidak harus formal dengan pakaian yang rapi, di warung kopi juga bisa berdakwah. Wacanakan program terbaik di gampong-gampong demi kemaslahatan umat,” sebut dewan yang dikenal vokal itu.

Diketahui, Suhaimi Hamid SSos MSp, merupakan tokoh utama hadirnya Training Kader Dakwah (TKD) di kabupaten dengan julukan ‘Kota Santri’. Ia sang inisiator utama penggagas dakwah bagi kalangan pemuda. Selain itu, Abu Suhai juga dipercaya sebagai Ketua Dewan Pengarah Forum Pemuda Keder Dakwah (PAKAD) Kabupaten Bireuen.

Suhaimi orang pertama di kantor dewan yang memplot anggaran melalui pokok-pokok pikirannya (pokir) untuk mempersiapkan instruktur-instruktur TKD yang dari perwakilan Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), pendamping desa, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), dan karang taruna sebanyak 120 orang, yang dipersiapkan untuk diterjunkan ke 609 desa dalam Kabupaten Bireuen.

Pokir tersebut juga dianggarkan untuk Apel Siaga Kader Dakwah per kecamatan yang sekarang sedang berlanjut, dan kegiatan penyusunan modul ilmu fadhu a’in yang nantinya dibagikan kepada seluruh gampong agar difahami oleh para pemuda dalam mengamalkannya.

Selain itu, Suhaimi juga menganggarkan anggaran untuk pembuatan Kartu Pemuda Kader Dakwah sebagai alat pengenal, juga untuk mendapatkan pemanfaatan layanan lainnya kedepan. Kartu tersebut akan dibagikan dalam tahun ini juga, untuk tahap awal sebanyak 4000 alumni TKD terpilih.

Dirinya berinisiatif melaksanakan TKD dengan tujuan melatih para pemuda di setiap gampong di Bireuen agar lebih berani berbicara di depan, dan juga menambah wawasan ilmu pengetahuan, serta lebih peka kedepannya terhadap persoalan umat yang semakin komplek. (Red)