Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional
Daerah  

Akhirnya, Warga Lancok Aceh Utara Evakuasi Sendiri Etnis Rohingya ke Daratan

LINTAS NASIONAL – ACEH UTARA, Puluhan warga Rohingya yang telah sekian lama bertahan dalam kapal motor milik nelayan Aceh akhirnya dievakuasi oleh warga Desa Lancok, Kecamatan Syamtadira Bayu, Aceh Utara, ke daratan kawasan pantai setempat pada Kamis 25 Juni 2020.

Warga mengevakuasi sendiri pengungsi rohingya tersebut ke daratan pantai Lancok, meskipun otoritas pemerintah setempat belum mengeluarkan kebijakan untuk evakuasi etnis rohingya itu ke daratan.

Terlihat, puluhan warga Lamcok membantu warga rohingya saat proses diturunkan dari kapal yang berjarak 10 meter dari bibir pantai.

Petugas gabungan Satgas Sar Aceh Utara, Basarnas Bireuen, TNI/Polri, BPBD, dan unsur pemerintah lainnya ikut mengawasi proses evakuasi, agar warga lainnya tidak terlalu berkerumunan ke arah etnis rohingya.

Kini, 94 pencari suaka tersebut ditempatkan sementara di pondok-pondok tongkrongan yang ada di kawasan pantai Lancok tersebut.

Untuk sementara, pemerintah setempat belum mengeluarkan tanggapan apapun terkait langkah tindaklanjut pascaproses evakuasi rohingya oleh keluarga tersebut. (Red)