Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Messi Pemain Terbaik

LINTAS NASIONAL – QATAR, Argentina sukses menjadi juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti. Laga tersebut berlangsung di Stadion Lusail, Qatar pada Minggu 18 Desember 2022 malam WIB.

Penyerang sekaligus kapten Timnas Argentina, Piala Dunia 2022. Ia sangat layak mendapat hal tersebut usai berperan penting dalam perjalanan La Albiceleste -julukan Timnas Argentina- meraih gelar juara.

Laga antara Argentina kontra Prancis berlangsung sangat dramatis. Sebab, kedua tim saling berbalas gol hingga akhirnya imbang 3-3 sampai babak tambahan waktu.

Pada laga tersebut, Messi berhasil menyumbang dua gol (23’ dan 108’). Kemudian satu gol Argentina lainnya dicetak Angel Di Maria (36’). Sementara tiga gol Prancis diborong oleh Kylian Mbappe (80’, 81, dan 118’).

Hingga akhirnya, di babak adu penalti Argentina sukses mengubur asa Prancis. Tim polesan Lionel Scaloni itu unggul 4-2 setelah Aurelien Tchouameni dan Kingsley Coman gagal mengeksekusi penalti dengan baik.

Messi benar-benar sangat layak dinobatkan sebagai pemain terbaik di Piala Dunia 2022. Pasalnya, pemain berjuluk La Pulga itu benar-benar menjadi aktor penting dibalik kesuksesan Argentina yang menjuarai edisi kali ini.

Dua gol yang dicetak Messi di partai final juga membuatnya berhasil mengukir sejarah. Sebab, dia adalah pemain pertama yang bisa mencetak gol di babak penyisihan grup, babak 16 besar, perempat final, semifinal, dan partai final dalam satu edisi Piala Dunia.

Selain itu, Messi juga saat ini menjadi pemegang rekor gol terbanyak untuk Argentina di Piala Dunia. Tercatat, dia sudah mengoleksi 12 gol. Dia melewati rekor gol yang dimiliki Gabriel Batistuta, yang memiliki 10 gol.

Messi sama sekali belum pernah mencicipi trofi Piala Dunia. Dan saat ini, dia akhirnya bisa merasakan trofi tersebut. Pemain berusia 35 tahun itu benar-benar menggores kisah manis di Piala Dunia edisi terakhirnya ini.

Lengkap sudah karir Messi bersama Argentina. Karena sebelumnya, pemain Paris Saint-Germain itu juga sudah mengantarkan La Albiceleste juara Copa America 2021 dan Finalissima 2022.

Sementara itu, ini adalah ketiga kalinAya Argentina menyabet gelar juara Piala Dunia. Sebelumnya, La Albiceleste meraih titel tersebut pada edisi 1978 dan 1986. Setelah puluhan tahun lamanya, trofi tersebut akhirnya bisa kembali ke tanah Argentina.

Jadi, tidak heran kalau Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik. Perjuangan La Pulga untuk bisa membawa Argentina sampai ke titik ini benar-benar sangat luar biasa. (okz)