Ayo! yang Belum Daftar, Gelombang Terakhir Kartu Prakerja Akan Segera Dibuka

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Ketua Komite Penanggulangan Covid-9 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan akan segera membuka kembali pendaftaran kartu prakerja gelombang 10 atau terakhir. Bagi yang memenuhi syarat dipersilakan untuk mempersiapkan diri untuk mendaftar. Berdasarkan laporan, anggaran kartu prakerja sudah disalurkan senilai Rp19,64 triliun kepada 5,4 juta peserta yang lolos pada gelombang 1 hingga 9.


“Kita juga sudah salurkan program baru yaitu subsidi gaji yang telah disalurkan Rp 14 triliun dan akan terus berjalan sampai akhir tahun kepada 11,65 juta penerima manfaat. Program lain adalah BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Desa dan subsidi listrik hingga akhir tahun,” ujar Budi, di Jakarta, Kamis 1 September 2020.

Di bagian lain, hingga 28 September 2020, pemerintah sudah menggelontorkan bantuan ke 80 juta warga miskin. Total bantuannya mencapai Rp 68,2 triliun untuk dua program yang berada di Kementerian Sosial. Rinciannya, Program Keluarga Harapan (PKH) senilai Rp36,3 triliun ke 10 juta keluarga dari pagu anggaran Rp37,4 triliun.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Dua Pelaku Pencemaran Nama Baik Ahok

Lalu, Program Kartu Sembako yang sudah disalurkan Rp 31,9 triliun dari pagu anggaran Rp 43,6 triliun dengan target 19,4 juta keluarga, termasuk 10 juta keluarga PKH. “Atau kalau satu keluarga terdiri dari empat orang, kurang lebih sekitar 80 juta rakyat yang hidupnya di taraf ekonomi paling bawah sudah tersentuh program pemerintah ini,” kata dia.

Dia melanjutkan selain program tersebut ada bantuan lain yang sudah digelontorkan yaitu Bantuan Sosial Jabodetabek dan non Jabodetabek Rp29,2 triliun atau 74,6% dari pagu anggaran Rp39,9 triliun. “Total target keluarga yang disasar 10,9 juta keluarga,” sebutnya. (sindo)