Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional
Daerah  

Bangunan Sekolah Tak Layak, Siswa di Aceh Utara Belajar Beralas Tanah

LINTAS NASIONAL – ACEH UTARA, Miris, di Propinsi yang mendapatkan alokasi Dana Khusus dari pusat, masih ada Sekolah yang belum ada lantai, para siswa belajar beralaskan tanah, jika terus dibiarkan, maka program Pemerintah fokus di bidang Pendidikan hanya omong kosong belaka.

Salah satunya Sekolah Dasar Negeri (SD) Negeri 12 Tanah Jambo Aye yang bernaung dibawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara kondisinya sangat memprihatinkan.

Pasalnya Dua Ruang Kelas masih belum Rampung diperbaiki, sementara proses belajar mengajar harus terus berjalan, kondisi lantai beralas tanah dan bangku dan meja sudah tidak layak pakai, para siswa setiap hari menghirup debu.

Plt. Kepala SDN 12 Nilawati, S.Pd, SD mengatakan kondisi lantai sekolah sudah lama beralas tanah, namun dirinya baru beberapa bulan menjabat sebagai Plt.

Karena ruangan sangat tidak memadai, para siswa tidak konsentrasi dalam mengikuti proses belajar, seragam selalu kotor.

“Murid di sekolah ini mencapai 141 siswa-siswi namun hanya dua ruangan sekolah yang parah yakni 4 dan 5, itu pun sudah berlangsung lima tahun, tapi tak kunjung diperbaiki, kita selalu menanyakan kepada dinas terkait bangunan tapi hingga saat ini belum ada respon,” sebut Nilawati pada Rabu 31 Agustus 2023

Lanjutnya, kondisi lantai Sekolah tidak pernah ada perbaikan, meskipun proposal sudah diajukan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, saat musim hujan air juga masuk dalam ruang kelas sehingga sangat mengganggu aktivitas belajar mengajar, para dewan guru hanya pasrah saja,” tuturnya

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara H Jamaluddin, S.Sos, MPd, mengatakan pihaknya akan segera memanggil kepala sekolah tersebut untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

“Ya Bang, nanti kita akan panggil kepala sekolah untuk kita minta penjelasan lebih jelas tentang kondisi Sekolah,” ujar Jamaluddin singkat (Munawir)