Corona Meningkat, Jemaah Salat Idul Adha di Aceh Membludak

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Beberapa jemaah di yang memadati Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, saat melakukan salat Iduladha, Jumat 31 Juli 2020 tampak bandel tak mematuhi aturan protokol kesehatan di tengah terus meningkatnya angka positif virus corona di Indonesia.

Meski di tengah pandemi virus corona (Covid-19), ribuan masyarakat Banda Aceh tetap memadati masjid Raya Baiturrahman untuk menunaikan salat Idul Adha 1441 H.

Namun, di dalam masjid masih banyak jamaah yang tidak menggunakan masker. Padahal, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman sudah mewajibkan jamaah salat Idul Adha wajib memakai masker.

“Kita sudah sepakat mengimbau penyelenggara ibadah salat Idul Adha di masjid untuk menerapkan protokol kesehatan dan mewajibkan kepada jemaah untuk memakai masker,” kata Aminullah Usman, Kamis 30 Juli 2020.

Masjid Raya Baiturrahman yang mampu menampung 25 ribu jamaah membludak hingga ke taman masjid.

Bahkan, jemaah rela menggelar sajadah di atas rumput samping dan halaman paling depan masjid, untuk bisa menunaikan salat Idul Adha berjamaah. Shaf salat antar jemaah juga rapat seperti biasa.

Baca Juga:  Terkait Dugaan Mesum Pejabat Aceh Timur, Satpol PP-WH Periksa Oknum Kadis Sebagai Saksi

Sebelum memasuki masjid petugas gabungan yang terdiri dari TNI Polri dan Satpol PP berjaga di pintu masuk masjid, untuk memantau jamaah yang tidak menggunakan masker dan mengecek suhu tubuh jamaah. Wastafel untuk mencuci tangan juga disediakan di pekarangan masjid.

Pada Shalat Idul Adha 1441 Hijriah itu yang bertindak sebagai Khatib Tgk Salman Abdul Muthalib dan imam Ustadz Zamhuri. Sementara khutbah hanya berlangsung 15 menit. Pada pukul 08:00 WIB, pelaksanaan salat Idul Adha di masjid raya Baiturrahman Banda Aceh selesai.

Setelah itu jamaah membubarkan diri. Ada juga sebagian warga memilih tetap berada di masjid, untuk berkumpul bersama rekannya berswafoto dan silaturahmi.

Lihat juga: Iduladha, TransJakarta Mulai Beroperasi Jam 09.00 WIB
Sebelumnya Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sudah mengeluarkan imbauan ke seluruh kabupaten kota terkait pelaksaan salat berjamaah pada Idul Adha. Salat Idul Adha dapat dilaksanakan di semua daerah Zona Hijau dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Sedangkan di daerah Zona Kuning dan Zona Orange/Merah tergantung pada keputusan bupati/walikota masing-masing, setelah berkoordinasi dengan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga:  Bernilai Milyaran, Polda dan Kejati Aceh Didesak Ungkap Proyek Pengadaan Pakan Sapi

Sejauh ini jumlah pasien yang terkonfirmasi positif virus corona melonjak drastis dalam tiga hari terakhir. Secara kumulatif jumlah pasien sudah mencapai 312 orang dengan rincian 206 dirawat di rumah sakit rujukan, 94 sembuh, 12 meninggal dunia.

Kota Banda Aceh menjadi daerah kasus corona terbanyak di Aceh, hingga kini, sudah ditemukan 92 kasus. Dengan rincian, sembuh 28 orang, dalam perawatan 62 orang dan 2 meninggal dunia. (Red)