Dibantai 2-8 oleh Munchen, Barca Pecat Setien, Messi Malu Setengah Mati

 


LINTAS NASIONAL – LIZBON, Barcelona hancur lebur dipecundangi Bayern Muenchen dalam laga perempatfinal Liga Champions Eropa Sabtu 15 Agistus 2020 dini hari WIB. Bermain di Estadio da Luz, Portugal, raksasa Spanyol itu kalah telak 2-8.


Hanya berselang beberapa jam, Barcelona langsung memecat pelatih Quique Setien.

Pemecatan Setien ini terbilang wajar sebab mantan pelatih Real Betis itu tak mampu memenuhi ekspektasi para petinggi Blaugrana. Kegagalan di Liga Champions ini tak hanya menambah daftar panjang kegagalan mereka setelah tak mampu meraih gelar La Liga dan Copa Del Rey, tapi juga sekaligus memalukan karena skornya.

Meski belum resmi diumumkan, namun pemecatan Setien sudah 100 persen niscaya.

“Ada beberapa keputusan yang sudah kami buat, dan juga beberapa keputusan lainnya yang akan menyusul dalam beberapa hari ke depan. Pengumuman akan disampaikan dalam pekan depan. Kami perlu mengambil keputusan setelah keadaan tenang,” ujar Presiden Barca Josep Bartomeu usai kekalahan memalukan klubnya, seperti dilansir CBS Sports.

Baca Juga:  PT Media Anak Bangsa Group Gelar Turnamen Sepakbola U23 di Kota Langsa

“Hari ini adalah momen untuk merenung. Esok kami akan mencoba membangkitkan kembali semangat pendukung kami pascakekalahan parah ini,” lanjutnya.

Messi Tak Berkutik

Tampil dengan skuat terbaiknya, termasuk Lionel Messi, Barca tak mampu berkutik meladeni permainan Bayern. Baru 4 menit, gawang Marc Andre Ter Stegen sudah koyak oleh sepakan Thomas Mueller dari luar kotak penalti.

Messi dkk memang sempat menyamakan kedudukan tiga menit berselang berkat gol bunuh diri David Alaba yang salah mengantisipasi umpan tarik Jordi Alba.

Namun setelah itu, Bayern tampil di atas angin. Gol Ivan Perisic pada menit 22, Serge Gnabry pada menit 27, dan Thomas Mueller pada menit 31, menutup babak pertama dengan skor 1-4 untuk raksasa Bavarian.

12 menit selepas turun minum, Barcelona sempat membuka kembali asa lewat gol Luis Suarez. Skor 2-4 membuat Messi dan rekan-rekannya terus menyerang dengan maksud mengejar ketertinggalan.

Namun, alih-alih berhasil mengejar dua gol, mereka justru kebobolan empat gol lagi. Bek sayap kanan Muchen Joshua Kimmich membuat skor menjadi 2-5 pada menit 63, menyambut umpan manja dari David Alaba yang dengan enteng menerobos sisi kanan pertahanan Barca.

Baca Juga:  Berdampak Corona, Arsenal PHK 55 Karyawan

Selanjutnya, giliran striker haus gol Robert Lewandowski yang menyambut umpan manja dari Phillippe Coutinho pada menit 82 dengan sundulan kepala.

Memberi satu assist rupanya tak cukup bagi Coutinho. Pemain yang dipinjam Bayern dari Barca itu malah menambah derita klub pemiliknya dengan menyumbang dua gol, masing-masing pada menit 85 dan 89.

Gol demi gol yang ditorehkan para pemain Bayern membuat Messi malu setengah mati. Setiap kamera terarah ke wajahnya ketika gawang timnya kebobolan, pemain terbaik dunia itu terlihat tertunduk lesu sambil geleng-geleng kepala. (indozone)