Dibutuhkan 1.620 Relawan Untuk Uji Vaksin Covid19 yang Diimpor dari China

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Koordinator uji klinis vaksin virus Covid-19, Kusnandi Rusmil mengatakan, timnya akan melakukan uji klinis tahap 3 vaksin Sinovac yang didatangkan dari China. Dia menjelaskan, untuk pengujian tersebut dibutuhkan 1.620 orang.

“Jadi saya harus melakukan pengujian bahwa vaksin ini betul-betul efektif dan aman sehingga dalam perhitungan statistik saya mengumpulkan kurang lebih 1.620 untuk dilakukan penelitian. 1620 orang-orang yang berumur 18 tahun sampai 59 tahun,” katanya usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu 21 Juli 2020.

Dia menjelaskan, nantinya 1.620 orang tersebut harus memiliki kriteria yang sesuai. Salah satunya yaitu sehat.

“Jadi orang itu pasti diperiksa dulu dengan teliti. Periksa darahnya periksa jantungnya, periksa paru-parunya udah sehat baru dia bisa ikut penelitian ini,” jelasnya.

Kusnandi menjelaskan, mereka yang mengikuti uji klinis nantinya akan diambil dari kantong-kantong penelitian Unpad. Dia menjelaskan, prinsipnya nanti sukarela.

“Karena saya sudah cukup lama melakukan penelitian vaksin jadi kami punya kantong-kantong penelitian akan memberikan brosur siapa-siapa yang ingin ikut penelitian kami silakan melakukan pendaftaran. Itu sukarela,” tutupnya. (Red)