Fraksi PA Bireuen: Bergabungnya PNA Jadi Momentum Kebangkitan Kekuatan Politik Lokal

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Partai Nangroe Aceh (PNA) resmi bergabung kedalam Fraksi Partai Aceh di DPRK Bireuen.


Hal tersebut dibacakan oleh Sekretaris DPRK Bireuen Said Abdurrahman pada rapat Paripurna yang digelar pada Rabu 2 Oktober 2019 di ruang Paripurna DPRK Bireuen.

Dengan demikian Fraksi Partai Aceh beranggotakan 13 kursi yang terdiri dari 9 dari PA dan 4 anggota PNA, yang diketuai oleh M Nasir, Wakil Yufaidir S.E dan Sekretaris Zulkarnaini.

Bergabungnya PNA kedalam Fraksi Partai Aceh disambut baik oleh seluruh politisi PA. Ketua Fraksi PA M. Nasir kepada awak media mengatakan bahwa PNA dan PA adalah ibarat adik dan abang kandung, jadi akan selalu mendukung satu sama lain.

“Begitu juga dalam parlemen Bireuen, kita dari PA dengan gembira menyambut saudara kandung kita dan bersama-sama mengawal pembangunan Bireuen 5 tahun yang akan datang,” kata M. Nasir

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PA Zulkarnaini menyampaikan bahwa bergabungnya PNA kedalam Fraksi Partai Aceh adalah momentum kebangkitan kekuatan politik lokal.

“Ini adalah moomentum kebangkitan kekuatan politik lokal, dan saya yakin akan disambut suka cita oleh seluruh masyarakat Aceh. Kita berharap dengan bersatunya dua kekuatan politik ini akan berdampak kepada meningkatnya posisi tawar kita dalam memperjuangkan kekhususan Aceh,” kata pria yang akrab disapa Zoel SoPAN tersebut

Menurutnya dengan bergabungnya PNA, Fraksi Partai Aceh memiliki dua orang pimpinan, yaitu Ketua Rusyidi Mukhtar S.Sos dan Wakil Suhaimi Hamid.

Sementara itu selain Fraksi Partai Aceh dalam rapat Paripurna tersebut, Sekretaris DPRK Bireuen juga membacakan susunan Fraksi Golkar yang terdiri dari dari 9 orang anggota, tujuh dari Golkar dan dua dari Nasdem, dengan Ketua Fraksi, Fajri Fauzan, Wakil Ketua Iskandar Is, S.Pd, MH, dan Sekretaris, Rosmani.

Fraksi PKS-PPP-PAN, 10 kursi, masing masing,  empat kursi PKS , empat kursi PPP  dan PAN dua kursi. Ketua fraksi,  Zulfahmi ST, Wakil Ketua, Athaillah M. Saleh MA dan Sekretaris Muchlis R.

Sementara Fraksi Juang Bersama, terdiri dari Empat kursi Partai Demokrat, dua Kursi PDA, 1 kursi Partai Gerindra dan satu kursi PKB. Dengan Ketua Fraksi, Zulfikar SE, Wakil Ketua, Faisal Hasballah SE, dan Sekretaris, Tgk Razali Nurdin.

Dalam rapat paripurna tersebut juga disahkan, Ketua DPRK Bireuen yaitu Rusyidi Mukhtar S Sos dari Partai Aceh.

Sedangkan Wakil Ketua satu adalah Syauqi Futaqi dari Partai Golkar, lalu Wakil Ketua dua yaitu Suhaimi Hamid S Sos dari Partai Nanggroe Aceh (PNA). (YR)