Hoax, Mata Uang Kadrun 212 dengan Foto Wanita Bercadar

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Akun Facebook bernama Pratama Adnan mengunggah status pada tanggal 19/8/2020 di grup ‘SETIA DUKUNG JOKOWI-MA’RUF AMIN #2019-2024’ berupa sebuah gambar uang lembar bernominal 212.

Di bagian tengah uang terdapat sekelompok wanita bercadar sedang berpose.
Berikut kutipan narasinya:
“KADRUNPUN PUNYA UANG BARU..:joy:
KEREENNN KAN ??…????”

Dilansir cekfakta.com, berdasarkan hasil penelusuran pada laman news.beritaislam.org diketahui foto asli tersebut adalah unggahan akun Instagram lama Pipik Dian Irawati mantan istri Ustaz Jefri Al Buchori pada tahun 2016. Namun setelah ditelusuri lebih lanjut foto tersebut sudah tidak dapat dilihat publik lagi setelah akun instagramnya dibajak pada tahun 2018.

Setelah membandingkan foto yang terdapat di artikel tersebut, foto Umi Pipik dalam gambar telah dihilangkan sehingga tengahnya terlihat kosong. Kemudian foto tersebut ditambahkan beberapa narasi dan disunting sedemikian rupa seperti yang tertera dalam status.

Dilansir dari kompas.com, foto tampak belakang uang tersebut seharusnya bergambar anak-anak Indonesia yang mengenakan pakaian adat daerahnya. Nominal uang pun bertuliskan ‘Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah’ dengan angka ‘75000’ bukan ‘212’. Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori Konten yang Dimanipulasi alias hoax.

Kesimpulan

Foto suntingan atau editan dari pecahan uang 75.000. Foto wanita bercadar adalah salah satu foto unggahan Umi Pipik bersama para guru penghafal Al-Qur’an. (Red/viva)