Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional
Daerah  

Jelang Idul Adha 2023, Bupati Pidie Jaya Salurkan 222 Ekor Hewan Qurban

LINTAS NASIONAL – PIDIE JAYA, Menyambut Idul Adha Tahun 2023, Pemkab Pidie Jaya salurkan 222 ekor hewan kurban untuk masyarakat.

Prosesi penyerahan berlangsung di halaman komplek Perkantoran Pidie Jaya pada Selasa 27 Juni 2023

Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas mengatakan, itu merupakan kurban terakhir Pemkab Pidie Jaya di bawah kepemimpinannya selama dua periode.

“Kurban hari raya ini merupakan kurban terakhir pemerintah Pidie Jaya dibawah pimpinan saya dan Waled, sebagai Bupati dan wakil bupati,” kata Aiyub Abbas.

Aiyub Abbas menambahkan, pada awal 2014 periode pertama ia dan pasangannya Said Mulyadi memimpin kabupaten Pidie Jaya, jumlah hewan kurban tahun sebelumnya dari pemkab setempat sebanyak 37 ekor.

“Saat kami masuk ke sini tahun pertama jumlah hewan kurban sebanyak 37 ekor, Begitu kami masuk, kami langsung menargetkan 73 ekor,” sebutnya.

73 ekor hewan kurban yang ditargetkan tersebut, dikatakan Aiyub Abbas, berdasarkan jumlah masjid yang ada di Kabupaten Pidie Jaya saat itu.

Kemudian Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya menargetkan jumlah hewan kurban dari pemerintah daerah tersebut setiap tahunnya terus bertambah, hingga per gampong mendapatkan satu hewan kurban.

“Alhamdulillah, untuk tahun ini jumlah hewan kurban sudah mencapai seperti harapan pertama sekali saat kami masuk ke pemerintahan, yaitu paling kurang satu gampong mendapatkan satu ekor hewan qurban,” kata Abua sapaan akrab Bupati Pidie Jaya.

Sementara itu, Ketua panitia penyaluran hewan kurban Kabupaten Pidie Jaya, Jailani menyebutkan, dari 222 ekor hewan kurban itu sebanyak 196 ekor akan disalurkan ke seluruh gampong melalui melalui delapan camat dalam daerah setempat.

“196 ekor disalurkan ke gampong, dan sisa sebanyak 26 ekor akan kita serahkan kepada lembaga pemasyarakatan perempuan dan laki-laki, pesantren dan dayah, dan panti asuhan yang ada di Kabupaten Pidie Jaya,” ujar Jailani.

Adapun rinciannya, Kecamatan Bandar Baru 40 ekor, Panteraja 10 ekor, Trienggadeng 23 ekor, Meureudu 25 ekor, Meurah Dua 19 ekor, Ulim 22 ekor, Jangka Buya 16 ekor dan Kecamatan Bandar Dua 41 ekor. (Amy)