Kandang Warga Rheum Timu Terbakar, 2 Kambing Terpanggang, 4 Selamat

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Kandang Kambing milik Yusri Husen (60) di Gampong Rheum Timu Kecanatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen Ludes dilalap sijago merah pada Jumat Malam 7 Agustus 2020 sekira pukul 23.00 Wib.


Akibatnya, sebanyak 2 ekor kambing dari total 6 ekor siap jual tidak bisa diselamatkan dan gosong terbakar.

Mengetahui kejadian tersebut wartawan lintasnasional.com lansung menuju ke lokasi kejadian, namun api sangat cepat menjalar sehingga 1 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke TKP dan sejumlah warga berusaha memadamkan api, namun dalam hitungan menit kandang kambing milik Yusri rata dengan tanah.

“Usaha warga tidak membuahkan hasil karena saat ini dalam kondisi musim kemarau hingga sulit mendapatkan air, walaupun Tim Pemadam sangat dekat, namun kalah cepat dengan sijago merah,” ujar salah satu warga setempat.

Saat api berkobar, lanjutnya semua kambing tidak bisa kabur karena kandangnya terkunci rapat, dari 6 ekor hanya 4 ekor yang bisa diselamatkan.

“Setelah Api Padam, warga setempat melakukan identifikasi, hasilnya 2 kambing Tewas terpanggang dan 4 ekor Selamat dan sudah dikuburkan sesuai dengan protokoler, sementara kambing selamat sudah diberikan perawatan medis sesuai SOP, bila nantinya kondisi semakin parah akan dirujuk ke Dokter spesialis hewan,” lanjut warga tersebut

Baca Juga:  YARA Desak Pemerintah Aceh dan DPRA Evaluasi Qanun Lembaga Keuangan Syariah

Yusri selaku pemilik hanya bisa meratap sedih melihat puing-puing kandang dan 2 ekor kambingnya yang sudah gosong.

“Selamat jalan untuk kambing yang Tewas, mungkin sudah disitu ajalnya doa dari kami untuk Kambing yang selamat, semoga tidak terjadi apa-apa, mudah-mudahan Tahun depan dapat di Qurbankan bagi yang berminat”, sebutnya

Kebakaran kandang yang berkontruksi kayu tersebut diduga kuat berasal dari api unggun pengusir nyamuk (broh kameng) yang biasa dibakar, akibat kebakaran tersebut diperkirakan Yusri mengalami kerugian belasan Juta Rupiah. (Mr Cha)