Kantor Gubernur Sulbar Rata dengan Tanah Usai Gempa 6,2 M Majene

LINTAS NASIONAL – SULBAR, Gempa bermagnitudo 6,2 yang pusatnya berada di sekitar 6 Km arah timur laut Majene, Sulawesi Barat, juga berdampak ke Kota Mamuju. Kuatnya goncangan menyebabkan bangunan Kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) yang terletak di Mamuju rata dengan tanah.

“Menurut petugas yang meninjau reruntuhan bangunan, di dalam gedung itu terdapat orang, namun belum diketahui jumlahnya dan kondisinya,” ujar Akbar Tado, dilansir dari Antara, Jumat 15 Januari 2021

Dalam foto dan video yang beredar di media sosial, tampak bangunan yang tadinya berdiri megah, kini tak berbentuk lagi.

Selain itu, gedung Rumah Sakit Mitra Manakarra Mamuju juga roboh, dan dilaporkan banyak pasien terjebak dalam reruntuhan bangunan. Pasien yang selamat langsung dievakuasi ke lokasi yang dianggap aman.

Mall Mamuju dan bangunan pusat perbelanjaan lainnya juga terlihat rusak di sejumlah bagian.

Sementara itu, Kepala BNPB Raditya Dati mengatakan gempa bumi yang terjadi di wilayah Kabupaten Majene menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan.

“Laporan BPBD Mamuju, korban meninggal dunia tiga orang dan luka-luka 24 (orang). Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman,” kata Raditya Jati.
Inna lillahi wainna ilaihi rojiun

Gempa besar Jumat dinihari tadi di Majene, Sulbar, magnitudo 6,2. Kantor gubernur hancur, rumah sakit luluh-lantak, hotel ambruk, entah rumah-rumah rakyat.

Untuk wilayah Majene, gempa juga memicu tanah longsor di tiga titik di sepanjang poros jalan Majene-Mamuju sehingga menyebabkan akses terputus dan mengakibatkan kerusakan 62 rumah rusak, satu puskesmas, dan bangunan Kantor Danramil Malunda.

BPBD sudah mendata dan mengevakuasi warga yang terdampak bencana serta mendirikan tempat pengungsian. Menurut laporan BPBD korban bencana membutuhkan bantuan pangan pokok, selimut, tikar, tenda, terpal, serta pelayanan medis.

Menurut pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa di Majene guncangannya dirasakan di daerah Majene dan Mamuju pada skala IV-V MMI serta Palu, Mamuju Tengah, Mamuju Utara, dan Mamasa pada skala III MMI. (Idz)