Keberhasilan Keuchik Yusran dalam Membangun Gampong Krueng Baro Blang Mee Aceh Utara Patut di Apresiasi

LINTAS NASIONAL – ACEH UTARA, Keberhasilan pembangunan suatu desa memang tidak terlepas dari peran Kepala Desa sebagai pemimpin yang ada di desa, hal ini juga merupakan fungsi dari pemerintah desa itu sendiri yaitu fungsi pembangunan.


Pembangunan yang dilaksanakan Juga dengan tujuan memberikan perubahan yang berkesinambungan ke arah Kemajuan dan peningkatan Sarana dan prasarana desa tersebut, selain itu Dengan pelaksanaan pembangunan yang dikerjakan.

Juga perlu memacu pemerataan pembangunan serta hasil- hasilnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, membangkitkan prakarsa dan peran aktif masyarakat serta untuk meningkatkan pendayagunaan potensi daerah secara optimal dan terpadu dalam mengisi otonomi daerah yang nyata, dinamis, serasi dan bertanggung jawab, serta memperkuat persatuan dan kesatuan Masyarakat.

Terkait Hal itu telah mampu di wujudkan secara perlahan oleh Pemerintah Desa Krueng Baro Blang Mee Kecamatan Samudra Kabupaten Aceh Utara, Kenapa Tidak, Desa yang di pimpin oleh Keuchiek Yusran, Amk. atau yang akrab di sapa Keuchiek Yuh itu Terus menunjukkan Kinerja positif terhadap Cita cita membangun dan meningkatkan Infrastruktur di Desanya.

Sejak tahun 2017 hingga saat ini Keuchiek Yusran terus berusaha meningkatkan kinerjanya demi membangun desanya dengan Dana Desa (DD) di berbagai bidang.

Yusran bukan hanya membangun infrastruktur saja, ia juga memperkokoh persatuan di semua kalangan, seperti memabngun Fasilitas Olah Raga, selain bisa menyehatkan juga membangun kekompakan antar pemuda di Desanya.

Baca Juga:  Tgk. H. Ishak Yusuf Ajak Masyarakat Aceh Tetap Laksanakan Shalat Idul Adha dan Ibadah Qurban

Sementara itu, di bidang ketahanan pangan dan pertanian Keuchiek Yusran membangun irigasi untuk menyuplai air ke sawah Masyarakat.

Yusran juga dipercayai Sebagai Bendahara Forum Keuchiek di Kecamatan Samudra, tentu saja jabatan itu karena tanggungjawabnya dalam memimpin dan memanajement keuangan Desa.

“Keberhasilan pembangunan di Krueng Baro Blang Mee berkat kerja keras perangkat, Tuha Peut dan semua lapisan masyarakat, pembangunan tidak akan berjalan jika kekompakan tidak terjalin,” kata Yusran kepada lintasnasional.com pada Rabu 12 Agustus 2020.

Ia sangat berharap dukungan sepenuhnya dari semua lapisan masyarakat, karena masih banyak hal yang perlu dibenahi kedepannya.

“Tanpa dukungan masyarakat saya tidak bisa berbuat banyak, ini demi kemajuan Desa Krueng Baro Blang Mee dan untuk anak cucu kita nantinya,” ujarnya

Sementara itu Ketua Tuha Peut Gampong Krueng baroe Blang Mee, Azhar menyampaikan apresiasi atas kerja keras Keuchik Yusran selama menjabat, Pembangunan selama ini tidak hanya mrngandalkan Dana Desa.

“Kita bangga atas kinerja Yusran selama menjabat banyak pembangunan yang sudah dilakukan, selain yang bersumber dari DD juga beliau juga membangun Desa dengan dana yang bersumber dari APBK maupun APBA, ya itu karena keluasan relasi yang dibangun,” Ungkap Azhar.

Sementara Wakil ketua Forum Keuchik Kecamatan Samudera, Al-Khalis, S.Sos mengatakan Keuchik Yusran menjadi panutan di bidang pembagunan Desa, pasalnya ia sangat proaktif dalam melobi ke tingkat Kabupaten bahkan Provinsi untuk meminta support anggaran pemerataan pembagunan di Desanya.

Baca Juga:  Syafii Efendi Tunjuk Akmal Rusli Pimpin Wimnus Aceh

Selain aktif dan giat melakukan pembagunan fisik, Yusran juga mampu menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan lainnya serta memberikan arahan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu yang berguna untuk kepentingan orang banyak, serta kepentingan lainnya untuk jangka panjang.

Hal itu diakui T. Bustamam, S.Sos selaku Camat Samudera, Kabupaten Aceh Utara, dirinya sering turun ke lapangan untuk menyelesaikan persoalan di sejumlah tempat bersama Keuchik Yusran ada hal yang menarik dalam segi penyelesaian yang dilakukannya dengan cara diplomasi.

“Yusran mampu membangun komunikasi dan musyawarah terkait pembagunan di desa Krueng Baroe, meskipun ada pro dan kontra, namun beliau selalu ada cara dalam mananggapi perbedaan itu, hal ini yang membuat makin menarik,” kata Bustamam

Bustamam juga mengatakan selain pro aktif di segi pembangunan, Yusran juga aktif di bidang sosial, sebelumnya Yusran pernah memberikan bantuan satu unit Sepeda motor yang di modifikasi menjadi Bentor, untuk salah satu Warga disabilitas yang ada di desanya, dengan tujuan agar dapat membantu untuk beraktivitas dan mencari nafkah.

“Harapan saya selaku Camat agar Niat baik seperti ini dapat di tiru secara masif Oleh Keuchik-Keuchik lainnya di seluruh Aceh Utara khususnya, dalam mengambil teobosan dan kebijakan yang bermanfaat bagi sekitar terutama masyarakat,” tutup Bustamam. ( HK )