Khabib Nurmagomedov Isnpirasi Atasi Kecanduan Narkoba

LINTAS NASIONAL – RUSIA, Betapa mulianya hati Khabib Nurmagomedov yang menyisihkan waktunya bekerja di pusat rehabilitasi narkoba setelah pensiun dari dunia MMA pada Oktober 2020. Juara ringan UFC tak terkalahkan, yang pensiun pada Oktober, menghabiskan waktu di sana bersama teman sesama petarung, Magomedzaid Zaidov.


Zaidov pernah menjadi pecandu narkoba selama sekitar delapan tahun, tetapi sekarang menjalankan pusat rehabilitasinya sendiri saat bertarung di MMA. Dan dia mengatakan Khabib memainkan peran pribadi dalam menginspirasi para pecandu di tanah kelahirannya di Dagestan untuk mengatasi masalah kecanduan. ’’Khabib sendiri sangat terlibat dalam proses membantu pecandu narkoba,’kata Zaidov, 29, kepada Sport Express.

“Dia membantu banyak orang. [Ada] 50 orang yang dia bantu untuk rehabilitasi. Khabib mengambil waktu, datang, memperhatikan, berbicara dengan mereka. Biayanya bahkan lebih mahal daripada bantuan keuangan,’’paparnya.

Khabib Nurmagomedov, 32, adalah seorang Muslim yang taat dan akibatnya tidak minum atau mengonsumsi zat lain. ’’Dan perhatian yang dibayarkan seseorang sangat berharga. Khabib banyak membantu dalam hal ini – orang-orang dari daerah tempat dia dibesarkan,’’kata Zaidov.

Zaidov, sebagai seorang profesional, dikontrak oleh Khabib Eagle Fighting Championship dan akan menghadapi Ruslan Goncharov dalam pertandingan berikutnya.Meski masih aktif berlatih di gym, Khabib saat ini belum berencana kembali ke UFC.

Bintang Rusia itu gantung sarung tangan setelah pertarungan pertamanya sejak kematian ayahnya yang berpengaruh, Abdulmanap, yang meninggal pada usia 57 tahun pada Juli. Tapi sebelumnya, Khabib menyatakan bahwa selalu menjadi impian ayahnya untuk melihat dia mencetak rekor 30-0.

Dengan tersisa satu kemenangan lagi, presiden UFC Dana White mencoba membujuknya kembali dalam pertemuan di Pulau Fight pada bulan Januari. White mengungkapkan Khabib akan mempertimbangkan kembali jika pesaing Kelas Ringan di UFC 257 meyakinkannya untuk melakukannya. Tapi, setelah Dustin Poirier mengejutkan Conor McGregor – dua mantan lawan Khabib Nurmagomedov – dia sepertinya menutup gagasan itu.

White berkata: “Saya memang berbicara dengan Khabib. Dia berkata kepada saya ‘Dana jujurlah pada diri Anda sendiri, saya jauh di atas orang-orang ini, saya akan mengalahkan orang-orang ini’.”