Masjid Cut Meutia Akan Tetap Gelar Sholat Id & Potong Hewan Qurban

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Pengurus Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat akan mengadakan rangkaian ibadah Idul Adha mulai dari sholat berjamaah, pemotongan hewan kurban, hingga pendistribusiannya. Pengurus masjid menyatakan, segala kegiatan itu diadakan dengan mematuhi protokol kesehatan pemerintah.

“Kami mengadakan pelaksanaan ibadah Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan,” tutur Faisal, salah satu Pengurus Masjid Cut Meutia sikutip Republika.co.id di Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, Kamis 23 Juli 2020.

Selain pelaksanaan sholat Idul Adha, pengurus masjid tetap mengadakan penyembelihan serta pembagian hewan kurban. Faisal menjelaskan, alasan pengadaan tersebut lantaran banyak jamaah yang ingin berqurban.

“Jamaah banyak yang nanya, Cut Meutia menerima hewan kurban gak? Karena banyak permintaan, kita akhirnya menerima,” katanya.

Adapun terkait dengan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Pengurus Cut Meutia bekerja sama dengan Rumah Potong Hewan (RPH) yang profesional di bidang pemotongan hewan. Sementara itu, untuk pembagian hewan kurban, Faisal mengatakan, Pengurus Masjid akan membagikan kupon -yang di dalamnya tertera waktu pengambilan- yang langsung dibagikan ke masyarakat dari rumah ke rumah. Sementara itu, saat pengambilan daging, masyarakat mengambil sendiri ke masjid.

“Kalau ngambil (daging kurban), masyarakat yang datang, kita kasih waktunya. Jadi enggak terlalu ramai. Insya Allah bisa lebih aman,” jelasnya.

Faisal menegaskan, rangkaian ibadah Idul Adha tersebut akan diadakan sesuai dengan protokol kesehatan. Jamaah diharuskan mengenakan masker, mencuci tangan, dan datang dalam keadaan sehat. Agar terciptanya ketertiban jamaah dalam menjalankan protokol kesehatan, Pengurus Masjid dibantu pihak kepolisian dalam melakukan mengawasi. (Red)