Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional
Daerah  

Nelayan Aceh Temukan Kapal Misterius Tanpa Awak Milik Nelayan Asing

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Tiga nelayan Ulee Lheue, Banda Aceh yang sedang menangkap ikan tuna menemukan sebuah kapal kosong tanpa anak buah kapal (ABK) pada Selasa 16 Juni 2020.

Kapal kosong tersebut terombang-ambing di perirana zona ekonomi ekslusif Indonesia yang berjarak 30 mil dari Kepulauan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh besar.

Apacut salah satu nelayan yang menemukan kapal tersebut kemudian melapor ke Panglima Laot Ulhe Lhee Banda Aceh.

Kapal tersebut sempat ditambatkan di Ulee Cot sekitar hutan bakau di Gampong Deah Glumpang, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

Saat ditemukan pertama kali, kapal yang terbuat dari fiber tersebut dalam kondisi berantakan. Model kapal tersebut berbeda dengan kapal para nelayan Aceh.

Di lambung kapal tertulis Sea Agle Chalana Boat Yard Rajgama.

Selain tak ada ABK, alat komunikasi dan navigasi juga tidak ditemukan di kapal tersebut. Sedangkan mesin dan alat jaring penangkap ikan dalam keadaan tidak berfungsi.

Selain itu di dalam kapal juga ditemukan ikan tangkapan yang sudah membusuk.

“Setelah menerima laporan itu, lalu kami berkoordinasi dengan semua pihak dan meminta kapal nelayan itu bisa menarik kapal yang ditemukan itu menuju pantai. Kini kapal temuan itu sudah ditangani Polisi Air Udara,” kata Sekretaris Panglima Laot Ulhe Lhee Banda Aceh Rizal, Kamis 18 Juni 2020.

Kapal tersebut kemudian ditarik oleh kapal para nelayan dan menempuh pelayaran selama 14 jam menuju Banda Aceh. Setelah tiba di Banda Aceh, kapal tersebut diserahkan ke petugas keamanan.

Direktur Polisi Perairan dan Udara (Dirpolairud) Polda Aceh Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro membenarkan penemuan kapal tersebut.

Ia mengatakan pihaknya sudah meminta keterangan tiga nelayan yang menemukan kapal tanpa ABK tersebut.

Mereka juga masih menyelidiki asal dari kapal tersebut apakah dari Sri Lanka atau negara lain.

“Sejauh ini kami belum bisa memastikan asal kapal tersebut,” ujar Kombes Jemmy.(Red)