Pasien Sembuh COVID-19 di Aceh Makin Bertambah

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Tim gugus tugas penanganan COVID-19 Aceh melaporkan ada penambahan empat pasien sembuh dari virus corona, sehingga total pasien terinfeksi virus corona yang telah sembuh di daerah Tanah Rencong itu sebanyak 38 orang.


Juru bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani, Minggu, mengatakan dirinya belum mengantongi informasi secara detail seluruh pasien yang telah terbebas dari virus corona.

“Tim surveilans gugus tugas COVID-19 Aceh
bidang kesehatan belum mengirimkan informasinya, mungkin besok, karena ini hari libur,” kata jubir yang akrab disapa SAG itu, di Banda Aceh pada Minggu 5 Juni 2020.

Namun, menurut dia, salah seorang dari empat pasien sembuh tersebut berinisial MY, 70 tahun, yang dirawat di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh. Dia merupakan pasien dari klaster Lhoksukon, Aceh Utara.

SAG menjelaskan, MY dirujuk RSUD Cut Mutia, Buket Rata, Aceh Utara ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh pada (18/6) lalu, setelah diuji sampel swab (usap) nasofaring dan orofarinya terkonfirmasi positif COVID-19.

Kata dia, selama dalam penanganan tim medis pinere RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, MY kembali beberapa kali diambil sampel usap dan diperiksa di Laboratorium PCR Balai Litbangkes Aceh, namun hasilnya masih positif.

“Pada swab nasofaring dan orofaring yang terakhir baru hasilnya konfirmasi negatif dua kali berturut-turut. Karena itu MY dinyatakan sudah negatif virus corona atau sudah sembuh dari COVID-19,” kata SAG.

Secara kumulatif, Aceh melaporkan 87 kasus COVID-19, diantaranya 38 orang telah sembuh, tiga orang meninggal dunia, dan 46 masih dalam penanganan medis di sejumlah rumah sakit rujukan.

“Kita bersyukur sekali karena dengan hidayah-Nya hampir semua pasien COVID-19 di Aceh akhirnya sembuh. Kita juga apresiasi tim medis yang bekerja sungguh-sungguh merawat pasien-pasiennya,” ujarnya. (Red)