Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional
Daerah  

Puluhan Warga Rohingya Kembali Terdampar di Perairan Aceh Utara

@serambi

LINTAS NASIONAL – ACEH UTARA, Nelayan menemukan satu kapal motor mengangkut puluhan warga negara asing (WNA) di laut lepas perairan Aceh Utara, Rabu 24 Juni 2020 pagi, tepatnya sekitar 4 mil dari pesisir Pantai Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara

Informasi diperoleh, masuknya puluhan warga Rohingya ini ke Aceh Utara karena ditolong oleh sejumlah nelayan disana saat tengah melaut.

Para nelayan ini awalnya melihat sebuah kapal barang yang mau tenggelam hingga membantu evakuasi warga asing Rohingya sebanyak 15 orang lelaki dewasa, 49 orang perempuan dewasa serta 10 orang anak laki-laki dan 20 anak perempuan.

Puluhan warga Rohingya ini kemudian dibawa ke Kuala Tanah Jambo Aye menggunakan kapal nelayan yang kemudian rusak di tengah perjalanan.

Sekira pukul 09.00 WIB, Panglima Laot mendapatkan infomasi dari nelayan Seunuddon terkait penemuan Kapal Nelayan KM. 2017.811 yang mengangkut WNA, kemudian melaporkan kepada pihak TNI – Polri.

Kemudian Tim Gabungan TNI-Polri dipimpin Kapolsek Seunuddon Iptu M Jamil dan personel lainnya menuju ke laut dengan jarak 4 mil dari daratan pesisir pantai Seunuddon.

Setibanya Tim Gabungan TNI – Polri dan mendapatkan Kapal KM. 2017.811 di lokasi tempat kapal tersebut rusak. (Red)