Putra Jokowi di Prediksi Lawan Kotak Kosong di Pilkada Solo

Gibran Rakabuming saat Mendaftar sebagai Balon Walikota Solo di Kantor PDIP (kumparan)

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Kecuali Partai Keadilan Sejahtera (PKS), seluruh partai politik dilaporkan berkoalisi mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Solo. Akankah putra sulung Presiden Jokowi itu akan melawan kotak kosong mengingat PKS hanya memiliki lima kursi?

PKS masih membutuhkan empat kursi tambahan untuk bisa mengajukan calon kepala daerah sendiri. Dua partai yang dibidik untuk mengisi kekurangan tersebut adalah Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerindra yang masing-masing memiliki tiga kursi. Namun Partai Gerindra sejak awal sudah menyatakan dukungan kepada Gibran.

Sementara itu, Sekjen PAN Eddy Soeparno memastikan bahwa partainya akan mendukung Gibran. Alasannya, elektabilitas dan popularitas Gibran. Selain itu ada juga Jokowi effect di Solo. Terlebih, menurutnya, Solo adalah kandang Banteng.

“Solo kita dukung Gibran. Di satu pihak kan kita realistis dengan kondisi sekarang, di mana elektabilitas Gibran kan sangat tinggi dan itu dilihat dari segala aspeklah,” kata Eddy, kumparan, Jumat 17 Juli 2020 lalu.

Seperti pernyataan Eddy, PAN kemudian mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa.

Baca Juga:  Ini Jawaban Mualem Ditanya Calon Wakil di Pilgub Aceh

Mengetahui sikap PAN itu, Ketua DPD PKS Surakarta Abdul Ghofar Ismail menyatakan bahwa pihaknya masih memiliki pilihan. Yakni memilih kotak kosong.

“Jika sudah begitu, ya tinggal pilih. Berarti Gibran-Teguh kemungkinan lawan kotak kosong. Berarti kita masih punya pilihan selain calon dari PDIP,” kata Ghofar. (Red)