Terus Bertambah, Empat Dokter Satu Perawat di Aceh Positif Covid19

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Pasien yang terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) di Aceh terus bertambah. Kali ini 13 orang, lima diantaranya tenaga kesehatan.


Semua yang terkonfirmasi positif tersebut setelah hasil swab mereka dikeluarkan berdasarkan tes PCR di laboratorium penyakit infeksi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Tim Satgas Covid-19 Unsyiah, Safrizal Rahman membenarkan adanya penambahan 13 yang terpapar virus corona.

“Empat dokter, satu perawat, lain masyarakat biasa dari Aceh Besar dan Banda Aceh,” kata Safrizal Rahman saat dikutip kanalaceh pada Selasa 28 Juli 2020.

Tiga diantara dokter tersebut, kata Safrizal mereka yang sedang mengikuti program pendidikan dokter spesialis (PPDS). Sementara satu orang lainnya bertugas di IGD RSUZA dan seorang perawat.

Kelima tenaga kesehatan tersebut berinisial FAK (30), ZUL (34) dan MI (37) yang sedang mengikuti PPDS. Kemudian KR (32) dokter umum dan MN (28) perawat. Mereka terpapar dari pasien positif yang berinisial TI (79).

Kini para dokter tersebut diisolasi di mess BPSDM Aceh. Sebab, mereka tidak bergejala sehingga tidak dirawat di RSUZA. “Diisolasi di BPSDM, karena mereka tidak bergejala,” kata dia.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG) melaporkan jumlah akumulatif Covid-19 berdasarkan rekap data dari 23 kabupaten/kota, per tanggal 28 Juli 2020, pukul 18.00 WIB.

Jumlah kasus Covid-19 di Aceh sudah mencapai 193 orang dengan rincian; 89 orang dalam perawatan, 94 orang sudah sembuh, dan 10 orang meninggal dunia.

Sementara itu, lanjutnya, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh secara akumulatif sebanyak 2.342 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.321 orang sudah selesai isolasi mandiri, dan 21 orang dalam pemantauan Tim Gugus Tugas Covid-19.

Sedangkan, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih sama dengan kemarin, yaitu 136 kasus.

Dari jumlah tersebut, 3 PDP dalam perawatan, 131 PDP telah dinyatakan sembuh, dan 2 orang lainnya meninggal dunia. (Red)