Unggul Telak, Anak Jokowi Dipastikan Menang di Pilkada Solo

LINTAS NASIONAL – SOLO, Gibran Rakabuming Raka (33) dipastikan menjadi wali kota Solo periode 2021-2026 menggantikan FX Hadi Rudyatmo. Kepastian itu setelah perolehan suaranya dalam Pilwalkot Solo 2020 tak mungkin terkejar oleh lawannya.

Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) Charta Politika pukul 15.25 WIB, dari 82% suara yang masuk, Gibran, yang berpasangan dengan Teguh Prakosa, memperoleh dukungan 88% suara. Sedangkan lawannya Bagyo Wahyono-FX Supardjo baru memperoleh 12% suara. Dengan demikian, mustahil perolehan suara Gibran-Prakosa terkejar oleh Bagyo-Supardjo.

Gibran bakal menjadi wali kota ke-18 Kota Solo. Keberhasilan Gibran tersebut mengikuti jejak ayahnya, Joko Widodo (Jokowi), yang sebelumnya menjadi wali kota ke-16. Sebelum terpilih sebagai presiden RI pada Pilpres 2014, Jokowi terpilih sebagai wali kota selama dua periode, yakni periode 2005-2010 dan 2010-2015. Namun, baru menjabat dua tahun pada periode kedua, Jokowi mengundurkan diri karena maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2012 dan terpilih memimpin Ibu Kota.

Dalam menghadapi Pilwalkot 2020, pasangan Gibran-Prakosa didukung hampir semua partai politik, yakni PDI-P, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, PPP, PAN, Perindo, dan PSI. Sedangkan lawannya, Bagyo-Supardjo merupakan calon dari jalur perseorangan. Hanya PKS yang tidak mengajukan calon dalam pilwalkot tahun ini. (Red)