Zoel SoPAN: Suah Tapeumeuri Toh Seudeukah Toh Mita Raseuki

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Peng nangroe nyan nakeuh meusapat peng pajak dari rakyat dan peng dikirem le Pusat,” demikian tulis Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Bireuen Zulkarnaini dalam postingan di akun Fecebook pribadinya, Selasa 7 Desember 2021.

Cuitan berbahasa Aceh tersebut, barangkali hanya sebagai penjelasan terkait fenomena dan kondisi Bireuen hari ini, tidak diketahui kata sindiran itu ditujukan ke siapa.

Politisi Partai Aceh yang akrab disapa Zoel Sopan itu menjabarkan kepada publik, tentunya masyarakat Bireuen tentang klaim-klaim para pihak terhadap ragam macam pembangunan di kabupaten itu akhir-akhir ini.

Amatan lintasnasional, Rabu 8 Desember 2021, postingan yang disukai 124 lebih dan dikomentari hampir 50 tersebut tak lebihnya untuk membuka pikiran masyarakat terkait tahapan-tahapan dan kerja pemerintah terkait anggaran.

Dalam postingannya, Zoel SoPAN menjelaskan, sesuai dengan Hasil Usulan Musrenbang jadilah program pembangunan, kemudian dibahas bersama antara Pemerintah dan DPR sehingga menjadi APBK.

“Selanjutnya dilakukanlah proses tender, sehingga muncullah pemenang tender yang sesuai kualifikasi dan penawaran,” sebutnya.

Selanjut tulis mantan jurnalis itu, adalah proses pekerjaan oleh Perusahaan pemenang tender sesuai dengan Desainnya.

“Yang biasa  taseubot kontraktor, awak nyan nakeuh awak Mita Raseuki bak usaha peng Nangroe,” tulisnya dalam bahasa Aceh.

“Lheuh dikeurija kemudian di PHO dan bangunan jih kemudian milik pemerintah menjadi Aset,” tambahnya.

“SUAH TAPEUMEURI YANG TOH SEUDEKAH YANG TOH MITA RASEUKI..” tegas Zoel Sopan.

Postingan politisi yang selama ini dinilai vokal tersebut mendapat beragam komentar dari netizen yang tentunya merupakan masyarakat Bireuen.

“Proses muncul pemenang watee tender yang lee that payah ta meusedeukah,” komentar akun facebook Nirwan Muhammad Husein.

“Beutoi that adun…meunan syit watee pembahasan bak dewan hrs na strategi dan dorongan syit,” tulis akun Rahmadjoelana.

“Bek timang2 that neu jlskan..
Kamoe msyrkt ka meu kira sedekah mndum 😂🤣🤣,” tambah akun Yasir Husaini. (Adam Zainal)