Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional
Daerah  

Bintang Bulan Berkibar di Angkasa pada Peringatan Milad GAM ke 47 di Bireuen

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Ratusan eks Kombatan GAM yang tergabung dalam Komite Peralihan Aceh (KPA) serta ribuan masyarakat mengikuti peringatan Milad GAM ke 47 yang digelar oleh Sagoe Tgk. di Bleue Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen pada Senin 4 Desember 2023.

Upacara Milad GAM yang digelar di Komplek Mesjid Cot Batee itu diperingati dengan kenduri, doa bersama serta santunan anak yatim, hal itu dilakukan untuk menjaga perdamaian.

Dalam peringatan kali ini, Sagoe Tgk. Di Bleue menyembelih 3 ekor sapi, serta menyantuni puluhan Yatim Piatu yang dibagikan oleh para Caleg dari Partai Aceh Dapil Kota Juang dan Kuala.

Panglima Daerah Wilayah Mulyadi alias Cut Abang menyampaikan terimakasih kepada seluruh Eks Kombatan, jajaran KPA, pengurus Partai Aceh, para Caleg, masyarakat Kuala khususnya Cot Batee yang telah mendukung dan menyukseskan acara Milad GAM ke 47.

“Alhamdulillah acara berjalan sukses, ini berkat kerjasama masyarakat setempat, jajaran KPA, para Caleg serta pengurus Partai, saya atas Panglima Daerah menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang turut andil menyukseskan Milad GAM ke 47,” ujar Cut Abang

Kata Cut Abang, Milad GAM sudah menjadi kegiatan rutin yang diperingati tiap Tahun bersama masyarakat untuk mengenang lahirnya hari bersejarah perlawanan terhadap ketidakadilan Pemerintah RI terhadap Rakyat Aceh.

“Momen milad GAM ke 47 ini untuk membangkitkan semangat terhadap perjuangan yang belum selesai antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka, yang kami harapkan pemerintah Indonesia harus betul-betul komitmen terhadap damai Aceh,” kata Cut Abang

Sementara itu salah satu kader muda Partai Aceh Mizanda menyampaikan, kegiatan Milad GAM ke 47 sagoe Tgk. Di Bleue berlangsung sukses dan Khidmat.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar dan khidmat, pelaksanaan Milad GAM diperingati tiap Tahun untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa Aceh yang terlibat konflik bersenjata dengan Pemerintah Indonesia,” ujar Mizanda yang juga menjabat Keuangan Panitia tersebut

Mizanda menyebutkan, Milad GAM ke 47 ini diperingati lebih semarak karena menjelang Pileg 2024, pasalnya para kader Partai Aceh yang notabene merupakan para eks Kombatan sangat antusias mengenang hari 47 Tahun hari bersejarah itu.

“Partai Aceh lahir dari darah para Syuhada dan hasil perjuangan Rakyat Aceh, setelah penandatanganan MoU Helsinki 15 Agustus 2005 para Kombatan dan rakyat Aceh tetap melanjutkan perjuangan melalui jalur politik yaitu melalui Partai Aceh,” ungkap Mizanda

Mizanda berharap Rakyat Aceh, agar memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada kader-kader Partai Aceh yang yang akan berjuang di Parlemen dalam Pileg 2024 mendatang.

“Mari sama-sama kita melengkapi perjuangan yang dideklarasikan 47 Tahun yang lalu di Gunung Halimon oleh Tgk. Muhammad Hasan di Tiro dengan memenangkan Partai Aceh pada Pemilu 2024 mendatang, dulu kita berjuang dengan senjata, kini kita berjuang di jalur politik demi kesejahteraan Rakyat Aceh,” pungkas Mizanda

Acara peringatan Milad GAM di Sagoe Tgk. Di Bleue juga diiringi dengan pembacaan amanat Wali Nanggroe Aceh Tgk. Hasan Muhammad di Tiro yang disampaikan oleh Ayi Juang.

Kemudian dilanjutkan dengan Pidato Tgk. Ibrahim yang merupakan Ulee Sagoe setempat, selanjutnya Doa Bersama, santunan anak Yatim serta makan bersama.

Diakhir Acara Eks Kombatan, pengurus KPA serta masyarakat juga sempat membentangkan serta menerbangkan bendera Bintang Bulan ke udara dengan menggunakan balon.

Hadir pada peringatan tersebut, Panglima Daerah 2 Mulyadi atau Cut Abang, Pang II Kecamatan Kuala Faisal Rasyid, Panglima Sagoe Tgk. Di Bleue Rusydi Alias Pemberontak, Bendahara Sagoe Robin, Ketua DPC Partai Aceh Kuala Tgk. Fauzi mantan Panglima Sagoe Tgk. Burhan (Red)