Dapatkan Madu Asli Hutan Samalanga, Oleh-oleh Kota Santri yang Banyak Khasiat

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Selain rujak Bateeiliek Kecamatan Samalanga, Samalanga juga menghasilkan madu asli berkhasiat, Madu yang diambil lansung dari hutan ini diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.


Tim Ekspedisi Lintasnasional.com kali ini menelusuri Kawasan Samalanga yang terletak diujung barat Kabupaten Bireuen, Tim menemukan sejumlah kekhasan lokal yang ada disana. Salah satunya adalah madu asli hutan yang juga bisa menjadi oleh-oleh bagi pendatang dari luar daerah.

Salah seorang pembisnis madu hutan Mirza Putra di Desa Matang Jareung, Kecamatan Samalanga yang ditemui tim lintasnasional.com pada Jumat 8 Januari 2021 mengatakan Ia tiap harinya menampung madu hutan dari para pawang pemburu madu di pergunungan yang ada di Kecamatan tersebut.

“Madu asli tersebut diambil oleh masyarakat pemburu madu, biasanya sarang lebah dikawasan hutan pedalaman Samalanga ini berada di pohon besar, artinya, untuk mendapatkan madu ini masyarakat butuh keberaniaan dan perjuangan besar dengan memanjat pohon besar dan tinggi,” kata Mirza

Di kalangan wisatawan, karena memiliki rasa yang khas madu hutan Batee Iliek ini disebut Mirza cukup diburu sebagai oleh-oleh, tidak lain itu karena khasiat dan cita rasa madunya yang tidak terlalu manis dan sedikit asam.

“Madu ini sudah bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, kalau dari rasa madu ini memang asam manis, tergantung musim cuaca juga. Khasiatnya untuk kesehatan. Apa lagi untuk musim-musim penyakit Covid19 ini dapat membantu meningkatkan imun tubuh,” ujar Mirza

Menurut Mirza, madu hutan Samalanga ini dapat menjadi obat untuk orang yang menderita penyakit Maag, lambung, mencegah diabetes, menyehatkan jantung dan untuk kecantikan serta madu memang punya 1001 khasiat.

“Madu asli telah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dulu karena mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan. Beragam khasiat madu sudah bukan rahasia umum, Madu ini juga dapat diolah kembali, misal dibuat kembali menjadi kue atau campuran minuman,” lanjut Mirza

Meski punya berbagai khasiat harganya sangat terjangkau, Mirza menjual madunya dalam kemasan botol sirup seharga Rp 300 ribu untuk kemasan teh botol Sosro 150 ribu Hanya untuk takaran yang lebih besar dan kecil harganya juga disesuaikan.

Untuk mendapatkannya sangat mudah pembeli bisa langsung datang ke alamat Jlan. Utama Kecamatan Samalanga, Toko Obat Mustajab Simpang Matang Kec. Samalanga.

Atau bisa juga memesan dengan menghubungi nomor HP/WA 085260717323.

“Jangan ragu beli madu asli hutan Samalanga, pembeli pasti puas, jika bukan madu asli, uang dijamin kembali,” tegas Mirza sambil tersenyum

Oleh sebab itu, pastikan traveler membeli madu hutan Samalanga apabila berkunjung ke kota yang dijuluki sebagai kota tempat para santri menimba ilmu. Selain bisa jadi oleh-oleh sarat khasiat, madu hutan Samalanga juga bisa untuk dinikmati sendiri bersama keluarga.

“Kita hanya menampung madu dari pawang yang berada di samalanga untuk menghindari penampungan madu oplosan yang selama ini lagi marak-maraknya beredar di pasaran,” tegas Mirza

Mirza selalu berpesan kepada pawang Madu, untuk selalu bersikap jujur, lebih baik dijual dengan harga lebih mahal tapi madunya original. (Red)