Diterbangkan dari Thailand, Empat Nelayan Aceh Tiba di Jakarta

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Sebanyak 4 nelayan di bawah umur asal Aceh Timur yang selama ini ditahan di Thailand, direncanakan dipulangkan hari ini, Kamis 9 September 2021 sudah tiba di Jakarta.

Mereka merupakan bagian dari 32 nelayan Aceh yang ditangkap aparat keamanan Thailand di perairan antara Pulau Yai dan Pulau Phuket, di lepas pantai Phang Ngah, pada tanggal 9 April 2021.

Kabar tersebut disampaikan Anggota DPR Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky, Jumat 10 September 2021. Dia katakan, nelayan akan menjalani karantina di Wisma Atlit Pademangan, Jakarta. Kemudian setelah karantina akan diterbangkan ke Aceh. Ke-4 nelayan di bawah umur sudah dilakukan serahterima dari Kementerian Luar Negeri dengan Badan Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta. Dari Kemlu diwakili Diah Fachriani, dan dari Badan Penghubung Pemerintah Aceh, Ir Cut Putri Alyanur.

ke-4 nelayan di bawah umur yang dipulangkan masing-masing M Hidayatullah (17 thn), Muliadi (18 thn), Muslim Maulana (18 thn), dan Jamian (17 thn), mereka semua asal Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur.

“Perkiraan sekitar satu minggu karantina. Upaya ini merupakan kerjasama lintas sektor terutama Kemlu RI, Pemerintah Aceh, Panglima Laot Aceh, dan tentunya doa dari keluarga nelayan,” kata Iskandar. (Red)