Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional

Jaga Suara Pemilu 2024, Demokrat Bireuen Latih Ratusan Kader Jadi Saksi TPS

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Bireuen menggelar Training of Trainer (ToT) Ratusan saksi Demokrat di Dapil Bireuen 1 dan dapil 6 Bireuen di Aula Wisma Bireuen Jaya pada Sabtu 3 Februari 2024.

Dalam melatih saksi yang bakal terjun langsung saat Pemilu 14 Februari mendatang, partai berlambang mercy itu menghadirkan Panwaslih Kabupaten sebagai narasumber yang diwakili Panwascam Kota Juang.

Pelatihan saksi di Dua Dapil dalam Kabupaten Bireuen tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPD Demokrat Aceh yang juga Caleg DPR RI Dapil Aceh 2 Muslim SH.I, MM, ia menyampaikan saksi TPS merupakan juru kunci dalam kemenangan Partai.

Muslim meminta saksi agar tegak lurus menjaga suara Partai Demokrat di TPS masing-masing, saksi juga merupakan ujung tombak dalam mengawal suara Demokrat di setiap TPS.

“Saksi di setiap TPS harus paham terkait tugas dan fungsi saat pemungutan suara pada 14 Februari mendatang dimana, para saksi wajib mendapatkan hak berkas C1 dan lain-lain,” sebut Anggota Komisi 6 DPR RI tersebut

Selain itu Muslim juga dihadapan para saksi, selain memenangkan Partai Demokrat juga menyuarakan kemenangan Prabowo-Gibran sebagai calon Presiden.

“Sesuai perintah DPP, selain memenangkan Partai Demokrat, kita juga bersama-sama bekerja dan menggaungkan kemenangan bagi Capres dan Cawapres nomor urut 2 yaitu pasangan Prabowo-Gibran,” pungkas Muslim

Sementara itu Ketua Badan Koordinasi Saksi Cabang (BKSC), yang juga Ketua DPC Demokrat Bireuen Zulfikar Apayub SE, MM mengatakan, pelatihan saksi ini sebagai turunan dari program DPP Demokrat.

Katanya, Pelatihan saksi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai aturan, mekanisme pemungutan dan penghitungan suara. Jadi tugas mereka nantinya dapat selaras dengan PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)

“Saksi yang kita rekrut merupakan kader Demokrat Bireuen dengan harapan semuanya loyal dan militan mengawal suara Partai dan capres-cawapres yang diusung partai,” kata Zulfikar

Caleg Demokrat Dapil Kota Juang Kuala tersebut mengatakan kegiatan pelatihan saksi ini bertujuan untuk mendongkrak suara Partai Demokrat khususnya di Bireuen

“Jadi melalui kegiatan ini kami menekankan kepada kader Demokrat yang bertugas menjadi saksi di setiap TPS untuk mendongkrak suara Partai Demokrat di Pemilu 2024 bisa lebih bagus lagi dari 2019 lalu,” pinta Zulfikar Apayub

Zulfikar menyampaikan saksi punya kewajiban mengikuti semua tahapan di TPS dari awal sampai akhir mulai dari diambil sumpah hingga penghitungan hasil suara, terus melaporkan hasil total penghitungan suara ke tim Center Kabupaten atau koordinator Partai Demokrat tentang hasil penghitungan termasuk C1.

Zulfikar juga meminta kepada saksi agar serius menjaga suara, serta mengikuti proses pemungutan suara hingga selesai.

“Setiap saksi harus paham tugas-tugasnya, dan terlebih kita juga berharap tidak hanya bertugas sebagai saksi, tetapi bisa mengajak keluarga, kerabat, tetangga disekitarnya juga untuk datang ke TPS dan tentunya memilih Partai Demokrat,” pinta Zulfikar

Lebih lanjut, Zulfikar yakin bahwa jika kader Demokrat selalu kompak dan semangat seperti ini, pada pesta demokrasi yang hanya tinggal menghitung hari Demokrat Bireuen pasti menang.

“Kegiatan hari ini dihadiri oleh 398 Saksi dari Dua Dapil, yakni Dapil 1 Kecamatan Kota Juang Kuala dan Dapil 6 Kecamatan Juli dan Jeumpa, jumlah tersebut sesuai dengan jumlah TPS yang ada,” pungkasnya (Red)