Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional

Jelang Pemilu 2024, Lembaga Riset Eddie Foundation Rilis Hasil Survey di Dapil Bireuen

Ilyas SH, Peneliti Eddie Foundation

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Kabupaten Bireuen merupakan salah satu Daerah Pemilihan Pemilu 2024 yang sangat potensial di Aceh dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 315.996 jiwa sehingga Dapil ini berdiri sendiri sebagai Dapil 3 (Tiga).

Pemilu 2024 yang akan jatuh pada Rabu, 14 Februari 2024 sejumlah lembaga riset melakukan kegiatan survey independen dengan berbagai segmentasi untuk melihat animo, aspirasi dan partisipasi politik masyarakat Bireuen dalam Pemilihan Umum 2024 mendatang, salah satunya dilakukan oleh lembaga riset independen Eddie Foundation.

Lembaga ini dikenal eksis dalam kegiatan-kegiatan sosial, ilmiah dan beredukasi dengan standardisasi pendidikan tinggi sehingga hasil risetnya dipandang memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Kegiatan survey yang dilakukan Eddie Foundation dengan sampel di 9 (Sembilan) Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen antara 2 – 11 Februari 2024, responden minimal berpendidikan SMU maksimal S3, berusia 17 sampai dengan 60 Tahun dan berprofesi sebagai PNS, Wiraswasta serta Petani menunjukkan animo masyarakat yang cukup tinggi terhadap Pemilu 2024 dimana 90% menyatakan mereka tau Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 dan mereka akan ke TPS untuk memberikan hak suara.

Peneliti Eddie Foundation Ilyas, SH mengungkapkan bahwa 79% Pemilih di Bireuen memilih karena alasan visi/misi dan program yang diusung oleh partai politik, selebihnya karena alasan ketokohan pimpinan dan bantuan sosial yang diberikan oleh Partai Politik.

“Survey ini juga mengungkapkan apa yang seharusnya dilakukan oleh partai politik peserta Pemilu 2024 untuk meyakinkan pemilih? Jawabannya 72% menyatakan menawarkan program, selebihnya memberikan bantuan dan sebagian lainnya menyatakan tidak tau,” jelas Ilyas

Lanjutnya, dalam survey ini juga disorot pengaruh media sosial seperti facebook, instagram, TikTok, YouTube dan berita online dalam mempengaruhi pemilih untuk memilih partai politik maupun kontestan Pemilu 2024.

“Dimana jawaban yang diberikan responden adalah 98% menyatakan sangat berpengaruh dan selebihnya mengatakan tidak berpengaruh dan tidak tau,” pungkas Ilyas (Red)