Daerah  

KPK Sudah 3 Hari di Aceh, Nova Iriansyah Ingatkan Pengelolaan Bansos Covid19

 

LINTAS NASIONAL – Gubernur Aceh Nova Iriansyah mewanti-wanti jajarannya tidak bermain-main dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) terkait Corona. Dia menyebut tim KPK sudah berada di Tanah Rencong untuk melakukan pencegahan.

“Bansos sebenarnya di awal COVID-19 kita sudah punya komitmen pertama hati-hati terhadap pengelolaan Bansos, kedua aparat hukum sedang berpikir tindak pidana terkait Bansos itu hukumannya agak berat,” kata Nova dikutip dari detik.com Rabu 9 Desember 2020

Dia menyebut komitmen paling penting adalah pencegahan. Pemerintah Aceh memperkuat skema pencegahan lewat kerja sama dengan KPK, BPKP, kejaksaan, serta tim Inspektorat.

“Yang paling penting sebenarnya pencegahan, makanya sekarang KPK divisi pencegahan sudah tiga hari di Aceh, mencegah jauh lebih baik dari pada menindak,” jelas Nova.

“Sepertinya konsensus tentang pencegahan jauh lebih concern kita untuk memperkuatnya dan mudah-mudahan pada saatnya pencegahan ini melembaga juga,” sambung Nova.

Nova mengusulkan ke KPK untuk memperkuat masyarakat sipil tentang pencegahan. Lembaga sipil, katanya, bakal diperbanyak untuk mencegah korupsi.

“Jadi civil society selama ini urusannya itu lebih ke penindakan. Lebih concern membantu penindakan. Sekarang kita coba concern-nya membantu pencegahan,” jelas Nova. (Red)