Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional
Daerah  

Suhaimi Hamid Beri Arahan di Apel Siaga Tenaga Kader Dakwah

Suhaimi Hamid Beri Arahan di Apel Siaga Tenaga Kader Dakwah

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Apel siaga Tenaga Kader Dakwah (TKD) di kecamatan Kota Juang berlangsung di Pendopo Bupati Bireuen, Rabu 29 September 2023

Apel tersebut dibuka langsung Penjabat (Pj) Bupati Bireuen Aulia Sofyan PhD disaksikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen Suhaimi Hamid S.Sos MSP, yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Abu Suhai’ dan unsur Forkopimda serta Kepala SKPK.

Momentum optimalisasi semangat dan persatuan para kader dakwah turut dihadiri, Ketua HUDA Aceh Tgk Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop Jeunieb), Camat Kota Juang serta sejumlah Keuchik (Kepala Desa) beserta ratusan Kader Dakwah.

Dalam giat tersebut, Abu Suhai memberi arahan dalam Apel Siaga Tenaga Kader Dakwah (TKD) Se-kecamatan Kota Juang, Bireuen.

Abu Suhai’ di sela kegiatan mengatakan, hal dimaksud bertujuan sebagai langkah strategis untuk memperkuat dan meningkatkan peran TKD di Gampong-Gampong dalam bergerak secara bersama di tingkat Kecamatan secara reguler dan terus bergilir.

“Ini lebih kepada memperkuat peran TKD Gampong-Gampong untuk bergerak bersama dalam meningkatkan Madrasah Fardhu Ain secara reguler dan periodik, dengan metode pengajian silang,” ujar Abu Suhai.

Abu Suhai menjelaskan, hingga kini TKD di Kecamatan Kota Juang berjumlah 480 orang. Menurutnya, Kecamatan Kota Juang adalah wilayah Kecamatan yang kaya akan keberagaman sosial serta membutuhkan kehadiran para kader dakwah yang mampu memahami dan menjembatani berbagai tantangan yang ada.

Abu Suhai menggarisbawahi pentingnya berkolaborasi dan berkontribusi dengan TKD secara aktif dalam membangun Kota Juang yang lebih baik. Terutama dalam membantu menjaga ketentraman dan kedamaian masyarakat berlandaskan Syariat Islam.

“Apel siaga TKD Kota Juang bukan hanya sebuah kegiatan rutin saja. Namun lebih kepada memacu semangat untuk terus berkarya dan berkontribusi demi kemajuan daerah,” ucap Abi Suhai.

Semoga, tambah Abu Suhai, para kader dakwah dapat menjadi pilar yang kuat dalam membangun Kota Juang menjadi tempat yang Bauldatun Taybatun Wa Rabbul Ghafur.

Ditambahkan pula, kedepannya para alumni TKD akan terus bergerak. Malah, kini sudah diprogramkan upaya “Saweu Adek”. Saweu Adek adalah metode kader mengawasi masyarakat di lingkungannya untuk menghindari kemungkinan terhadap kemungkaran.

Kegiatan dimaksud nantinya diharapkan dapat membantu Polisi Wilayah Hisbah (WH) dalam menjaga keterlibatan dan kemaslahatan ummat.

Sedangkan Tgk Aiman S.Sos, Ketua PAKAD Kabupaten Bireuen mengharapkan para Pemuda Kader Dakwah (PAKAD) agar semakin mengembangkan potensi diri secara berkelanjutan.

“Harapan saya, semua pemuda yang terhimpun dalam Forum PAKAD semakin mengembangkan potensi diri dan menyelesaikan Madrasah Fardhu Ain,” tandas Aiman. (AZ)