Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional

Briptu Yuni Lestari, Polwan Cantik di Polresta Banda Aceh Ditugaskan ke Afrika Tengah

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH, Jumat 3 Juli 2020 melepas pemberangkatan Briptu Yuni Lestari, seorang personel Polwan terbaik Polresta yang akan mengemban tugas sebagai pasukan perdamaian di Afrika Tengah, selama setahun.

Perempuan cantik kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, 16 Juni 1995 silam tersebut akan berangkat ke Afrika Tengah dalam misi United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic (Minusca).

Hampir lima tahun mengabdi di Polresta Banda Aceh dan sejak awal bertugas di Unit Ranmor Satuan Reskrim, Yuni Lestari, akhirnya menyandang pangkat Briptu.

Kapolresta Kombes Trisno Riyanto SH, mengatakan, sejak bertugas Januari 2015 lalu, Briptu Yuni Lestari berkelakuan baik dan rajin.

Di samping itu Briptu Yuni Lestari juga menguasai kemampuan berbahasa Inggris aktif dan bahasa Perancis secara pasif.

Karena itu, lanjut Kombes Trisno, selama bertugas di Afrika Tengah, ia berharap personel Polwan terbaik Polresta Banda Aceh ini dapat bertugas dengan baik dan lancar serta menjaga nama baik Polda Aceh, khususnya Polresta Banda Aceh.

Selanjutnya selama bertugas di Afrika Tengah, Briptu Yuni Lestari ditunjuk sebagai pasukan taktis yang akan bergabung bersama polisi lainnya serta Pasukan PBB selama 12 bulan.

“Insya Allah, kalau tidak ada kendala besok (hari ini-red) berangkat ke Jakarta. Sebelum pelepasan ke Afrika Tengah yang akan dilakukan di Mabes Polri, Briptu Yuni dan personel lain di seluruh Indonesia yang akan berangkat, terlebih dahulu melaksanakan pra operasi. Rencananya akan berangkat ke Afrika Tengah September 2020 dengan tetap mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19,” pungkas Trisno.

Briptu Yuni Lestari SH, salah seorang Polwan terbaik dari Polresta Banda Aceh yang akan berangkat bersama 15 personel lainnya dari Polda Aceh.

Ia terpilih dalam pasukan perdamaian di Afrika Tengah, dalam misi Minusca, setelah bersaing dengan 1.500 personel seluruh Indonesia.

Dari jumlah 1.500 yang mengikuti seleksi pada saat itu di Mabes Polri, terpilih sebanyak 155 personel, termasuk satu di antaranya Briptu Yuni Lestari.

Lalu dari sebanyak 155 personel tersebut akan diberangkatkan dalam dua gelombang.

Gelombang pertama sebanyak 140 personel, termasuk Briptu Yuni Lestari rencananya akan berangkat September 2020 mendatang.

Lalu disusul pemberangkatan gelombang kedua sebanyak 15 personel. (Red)