Doa yang Dilantunkan Rasulullah SAW di Penghujung Ramadhan

LINTAS NASIONAL.com, Setelah genap sebulan berpuasa, tak terasa umat beragama Islam akan segera mengucapkan salam perpisahan dengan bulan Ramadan 1441 yang akan ditutup dengan gema takbir petang nanti.


Esok akan berganti, umat Islam berbondong-bondong menyambut hari kemenangan penuh berkah, seiring dengan ketetapan Kementerian Agama RI yang telah menyepakati Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H jatuh pada Minggu 24 Mei 2020 besok.

Ini artinya, Sabtu 24 Mei 2020 merupakan hari terakhir umat islam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1441 H. Beberapa umat merasa kehilangan ditinggal bulan dengan ladang pahala melimpah.

Rasulullah SAW menyambut penghujung bulan Ramadhan dengan harapan-harapan baik, Nabi Muhammad mengucapkan syukur dan pengharapan kepada Allah SWT untuk dapat berjumpa kembali dengan bulan penuh pengampunan pada tahun berikutnya.

Nabi Muhammad mengajarkan umat Islam menyikapi penutup Ramadhan dengan berdoa kepada Allah SWT. Doa Nabi Muhammad ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah.

Berikut doa menyambut penghujung Ramadhan,

Baca Juga:  Berikut Nama dan Hukuman 9 Oknum Polres Aceh Timur yang Ditetapkan DPO

للَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Artinya: “Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi.”

Doa ini dibaca seiring dengan lantunan gema takbir menyambut hari kemenangan. Pada penghujung Ramadhan, doa tersebut menjadi wujud pengharapan umat dalam mengharap ampunan dan juga keridhoan Allah SWT, agar diberikan umur panjang dan dapat berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan. (Red)