APDESI BIREUEN

Ucapan Idul Fitri 2021

Dubes Prancis Ziarahi Makam Pahlawannya di Sabang

Ucapan Idul Fitri 2021

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean Charles Berthonnet menziarahi makam “indatu”-nya atau Pahlawan Nasional negara itu, Jacques Carrisan di Kota Sabang, Provinsi Aceh.


“Ya tadi, Dubes Prancis untuk Indonesia, Mr Jean Charles Berthonnet bersama keluarganya menziarahi makam Pahlawan Nasional Prancis, Jacques Carrisan di Gampong (desa) Kuta Ateuh, Sabang,” kata Kasi Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Sabang, Rajuddin di Sabang, Sabtu 9 April 2021.

Dubes Prancis untuk Indonesia bersama rombongan juga menyanyikan lagu Kebangsaan Prancis dan memberikan Penghormatan kepada? Pahlawan Nasional negaranya yang gugur saat perang dunia pertama.

Selanjutnya, Dubes Prancis untuk Indonesia didampingi Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto disaksikan sejumlah unsur Forkompinda di Kota Sabang menabur bunga di pemakaman Pahlawan Nasional Prancis, Jacques Carrisan.

“Di lokasi makam Pahlawan Nasional Prancis, Jacques Carrisan juga ada ratusan makam lainnya, yaitu tentara Portugis, Belanda dan Jepang,” kata Rajuddin.

Ia mengaku, Pemerintah Prancis mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kota Sabang yang telah merawat kuburan tersebut.

Kemudian, Dubes Prancis untuk Indonesia bersama rombongan didampingi Plt Kepala BPKS, Islamuddin mengunjungi Museum Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dan Pelabuhan BPKS Sabang.

“Pemakaman Eropa atau Het Kerkhof ini bisa menjadi nilai lebih Industri pariwisata dan kita akan terus melakukan promosi potensi wisata agar kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Sabang terus meningkat,” kata mantan Wakil Wali Kota Sabang periode 2007-2012 itu.

Secara geografis, Kota Sabang, Provinsi Aceh, luasnya 12.213,96 hektare, terdiri lima pulau, yakni Pulau Weh, Klah, Rubiah, Seulako dan Pulau Rondo. Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Malaka, Selatan berbatasan Laut Andaman, Timur Selat Malaka dan Barat berbatasan Laut Andaman. (antara)