Google Bayar Berita Milik Media Australia Rp2,1 Miliar-21,1 Miliar

LINTAS NASIONAL – AUSTRALIA, Google akhirnya memutuskan untuk membayar biaya berita yang muncul di mesin pencarinya, di Australia . Pada Rabu lalu, News Corp menandatangani perjanjian tiga tahun pembayaran dengan Google.


Perjanjian itu menyusul kesepakatan sebelumnya yang sudah lebih dulu dilakukan oleh Seven West dan Nine Entertainment. Keduanya merupakan raksasa media di Negeri Kanguru.

Melansir dari Cnet, kesepakatan tersebut dirancang agar Google mematuhi undang-undang di Australia. Dan ini mengharuskan perusahaan membayar artikel yang muncul di mesin pencarinya.

Kesepakatan dengan perusahaan media Australia dilakukan melalui Google News Showcase, sebuah inisiatif global di mana Google telah memberikan USD1 miliar atau sekitar Rp14,1 triliun kepada penerbit berita.

Outlet yang mendaftar ke News Showcase dibayar untuk menyediakan daftar cerita pilihan untuk muncul di aplikasi Google News. Selain Australia, News Showcase juga ditayangkan langsung di Inggris, Brasil, Prancis, dan Jerman.

Ketika News Showcase diluncurkan di Australia pada awal Februari, tujuh media yang sudah mendaftar kabarnya menerima antara USD150.000 hingga USD1,5 juta atau Rp2,1 miliar hingga Rp21,1 miliar dari Google

Padahal, saat Google sebelumnya meminta Nine bergabung dengan News Showcase, Nine menolak keras. “Inilah yang dilakukan monopoli, mereka mengajukan penawaran, dalam bentuk Google Showcase, tetapi tidak menawarkan untuk bernegosiasi,” kata juru bicara Nine pada awal Februari. (Sindo)