Pesona Syavana Mameh, Pemeran Sinetron Kolosal Juga Isteri Perwira TNI Asal Aceh

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Walau berstatus seorang Ibu Rumah Tangga dan Isteri dari seorang perwira menengah TNI AU, tidak menyurutkan langkah dan semangat wanita yang bernama lengkap Putri Ria Syavana untuk bergelut dalam dunia seni, akting dan kreasi.

Wanita kelahiran 5 Agustus 1989 di Lhokseumawe ini sudah lama menetap di Jakarta mengikuti orang tua karena ayahnya juga anggota TNI AU yang sudah purnawirawan yaitu Kolonel Purn Ashari.

Syavana merupakan keponakan dari Irjen Pol Saiful Maltha, Ibunya Safrida adalah adik kandung dari Irjen Pol Saiful Maltha.

Syavana bersama sang Ibunda Syafrida yang merupakan adik kandung Irjen Pol Saiful Maltha

Isteri dari Letkol Pas Syamsu Alam yang kini bertugas di Paspampres dan Ibu dari dua anak yang bernama Myiesha Khaira dan Muh. Fatan ini tentu memiliki kisah dan cerita suka maupun duka menjadi Isteri TNI, tapi itu semua dijalani dengan penuh semangat dan ikhlas.

Syavana bersama sang suami Letkol Pas Syamsu Alam yang merupakan anggota Paspampres

“Jadi isteri TNI tentulah ada suka dukanya, tapi menjadi kebanggaan tersendiri juga karena bisa berperan menjadi seorang “ibu dan ayah” bagi anak-anak saat suami mendapatkan tugas diluar daerah bahkan luar negeri sekalipun,” ujar pemain film komedi Aceh “Gam Gee” dan “Kuah Leumak” pada tahun 2010 tersebut saat berbincang dengan wartawan Lintasnasional.com pada Rabu 10 Juni 2020.

Baca Juga:  Kisah Bang Nasir "Cangguk Pure" Sang Ajudan Gubernur GAM

Suami Syavana merupakan Letkol Pas Syamsu Alam pernah menjadi pasukan perdamaian PBB pada tahun 2015/2016 tepatnya di Sudan.

Menurut Syavana, ia menyesuaikan waktu untuk tetap bisa mengekspresikan bakat seni dan entertaint yang dimiliki, tentunya dengan sepengetahuan dan seizin suami.

Syavana Bersama Artis Bella Saphira yang juga merupakan istri dari Perwira TNI

“Tanpa dukungan dari suami dan keluarga, tentu apa yang telah saya raih dan capai tidak akan berarti apa-apa karena setiap wanita itu prioritasnya tetap ingin menjadi isteri dan ibu yang baik dan penuh perhatian terhadap suami dan anak-anak,” jelas pemain sinetron kolosal Misteri Gunung Merapi dan Nyi Roro Kidul itu.

Peserta Fashion show Perwakilan Kemenhan di Istana Bogor pada Tahun 2017 itu tidak sungkan menceritakan perihal gosip atau persepsi negatif dari orang-orang tentang kegiatan seni dan entertaint yang dilakoninya.

“Sejauh yang saya lakukan dan kerjakan itu diatas kewajaran dan normal ya tidak masalah, dalam hidup kita tidak perlu ambil pusing dengan omongan orang lain, toh yang lebih tahu dan menjalani hidup adalah kita sendiri, makanya penting untuk direnungi bahwa hidup dan kebahagiaan adalah milik kita sendiri,bukan milik orang lain,” imbuh peraih juara 3 Fashion Show Anne Avante Award 2017 itu.

Ketika ditanyakan kesannya tentang Aceh, Shavana hanya berharap agar Aceh senantiasa damai, tidak ada lagi konflik dan kekerasan sembari berharap agar pemerintah dapat memberdayakan kaum ibu-ibu dengan seni kerajinan tangan dan home industri supaya ekonominya terangkat.

Baca Juga:  Istri Faisal, Pengontrol Sabu Dari Tahanan Asal Aceh Juga Dijatuhi Hukuman Mati

“Wanita Aceh itu rata-rata punya skill dan potensi kerajinan tangan yang luar biasa yang tidak bisa ditiru oleh orang lain.potensi ini hendaknya bisa diberdayakan oleh pemerintah daerah,” pungkas puteri dari pasangan Kolonel Purn Ashari dan Safrida.

Syavana liburan bersama sang suami dan kedua buah hatinya

Sekedar diketahui, Safrida Ibunda Putri Ria Shavana merupakan Isteri Perwira TNI yang dulu pernah disandera oleh GAM Pimpinan Ishak Daud Alias Abu Chik Pada Tahun 2003 lalu bersama dengan Almarhum Wartawan Ersa Siregar dan Feri Santoro, Safrida kemudian dilepas karena tidak terbukti apa-apa dan tentunya peristiwa itu menjadi kenangan serta sejarah yang tidak pernah bisa dilupakan oleh Safrida, Ibunda Putri Ria Savana.

Berikut Profil Singkat Syavana Mameh

Nama: Putri Ria Syavana
Instagram : @syavana.mameh
Tempat/tanggal lahir : Lhokseumawe, 05 Agustus 1989
Berat/tinggi badan : 55kg/ 167cm
Nama Orang Tua: Kolonel Purn Ashari/Safrida
‪Suami :Letkol Pas Syamsu Alam
Anak. :Myiesha Khaira dan Muh. Fatan

Film dan Iklan yang pernah dibintangi:

Film religi di Trans tv 2009

Iklan layanan masyarakat KOMPOLNAS jalur 259, 2009

Pemain film komedi aceh “Gam Gee” &”Kuwah leumak” 2010

Iklan pepsodent 2016

Sinetron anak jalanan RCTI 2016

Sinetron Ok jek di NET Tv 2016

Sinetron Kolosal, Misteri gunung merapi 2018 di Mnc TV

Sinetron kolosal Nyi Roro Kidul 2019 Mnc TV (AU)