Sosok  

Rekam Jejak Irjen Pol. Ahmad Haydar Kapolda Aceh Pengganti Wahyu Widada

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. resmi menunjuk Irjen Pol Ahmad Haydar sebagai Kapolda Aceh menggantikan Irjen Pol Drs Wahyu Widada.

Melalui surat telegram nomor : ST/1506/VII/KEP/2021, Kapolri menunjuk Wahyu Widada sebagai As SDM Kapolri.

Ahmad Haydar sebelumnya menjabat Wisyaiswara Kepolisian Utama Tk I Sespim Lemdiklat Polri.

Alumni Akpol 88 tersebut juga pernah bertugas di Aceh pada 2005 dengan jabatan Kasat Serse Ekonomi, dan pernah menjadi Wakapolda Jambi periode 2017-2019.

Ahmad Haydar lahir di Kudus, Jawa Tengah, 9 September 1965 itu juga pernah menjabat sebagai penyidik madya unit industri perdagangan di Bareskrim Polri, Kalimantan Timur.

Profil Brigjen Ahmad Haydar

Profil Kepala Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Mabes Polri Brigjen Ahmad Haydar ini menarik untuk diulas. Sebab, sepanjang karirnya di kepolisian, Haydar dikenal sebagai reserse yang malang melintang di unit Bareskrim Polri.

Mengutip pelbagai sumber, menjadi polisi bukanlah cita-cita Haydar kecil. Ketika duduk di bangku SMP dia ingin menjadi seorang insinyur pertanian. Namun saat di bangu SMA, dirinya memantapkan diri untuk ikut seleksi Akpol pada tahun 1985.

Tamat dari AKABRI, Haydar langsung ditugaskan di Kalimantan Timur menjadi Komandan Penjagaan. Enam bulan berikutnya, Haydar diangkat sebagai Kanitserse Polres Balikpapan.

Setelah tiga tahun berselang, suami dari Desiree Ahwil – putri kandung Komjen. Pol. Drs. Ahwil Luthan ini naik jabatan sebagai penyidik reserse tindak pidana tertentu (tipiter) kasus kehutanan di Polda Kaltim. Kemudian pidah lagi menjadi penyidik reserse ekonomi.

Haydar sempat menjalani tugas sebagai Kasat Serse Ekonomi Polda NAD (Aceh pada tahun 2005. Tugas ini dilanjutkan menjadi penyidik madya unit industri perdagangan di Bareskrim Polri, Kalimantan Timur.

Kasus yang ditanganinya adalah tindak pidana ekspor-impor, hak kekayaan intelektual (HAKI), dan tindak pidana ekonomi sebelum pada akhirnya terdampar di Salatiga.

Riwayat Jabatan Brigjen Ahmad Haydar:

Komandan Penjagaan Kaltim (1989)

Kanit Serse Polres Balikpapan (1989)

Wakasat Serse Polres Balikpapan (1992)

Penyidik Serse Tipiter Polda Kaltim (1993)

Penyidik Serse Ekonomi Polda Kaltim (1994)

Kabag Ops Polsek Bontang (1996)

Pama PTIK (1997)

Penyidik Madya Narkotika Polda Kaltim (1999)

Penyidik Narkotika Polri

Kasat Serse Ekonomi Polda NAD (2005)

Kapolres Salatiga (2007)

Kasubbag Prodsus Bag Produk Roanalisis Bareskrim Polri (2009)

Kanit II Dit V/Tipiter Bareskrim Polri (2010)

Kasubdit II Dittipidter Bareskrim Polri (2011)

Kasubdit V Dittipidter Bareskrim Polri (2012)

Analis Kebijakan Madya bidang Pidter Bareskrim Polri

Dirreskrimsus Polda Sumut (2015)

Wadirtipidter Bareskrim Polri (2016)

Wakapolda Jambi (2017)

Kapuslabfor Bareskrim Polri (2019). (AN)