Hari Pers Nasional Hari Pers Nasional

UPTD Puskesmas Buket Hagu Terima Kunjungan Dinas DPMPP KB Aceh Utara

LINTAS NASIONAL – ACEH UTARA, Unit Teknis Daerah Puskesmas Buket Hagu (UPTD) Terima Kunjungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMPPKB) untuk melihat langsung Pegawai Puskesmas pada Rabu Kamis 16 Februari 2023 di Aula Puskesmas Buket Hagu Km 7 desa Kumbang kecamatan Lhoksukon.

Dalam kesempatan ini kpala DPMPPKB Fakhruradhi ,SH. MA didampingi Kabid di bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk), Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera untuk melihat pasien yang sedang menjalankan program Keluarga Berencana (KB).

Fakhruradhi mengatakan, program kegiatan DPMPPKB setiap tahun bekerja sama dengan Puskesmas setempat dibuka di Puskesmas Lhoksukon.

“Alhamdulillah hari ini pasien bisa melayani sekitar 76 Pasien terdiri dari dua kategori MKJP-nya yang pertama adalah implan yang kedua ayudi jadi mudah-mudahan itu sudah sangat-sangat banyak yang terlayani mungkin sudah di atas 30 orang sudah terlayani

Ia menyebutkan, pihak Dinas akan mengunjungi 32 Puskesmas se Kabupaten Aceh Utara untuk memastikan program Keluarga Berencana berjalan lancar serta masyarakat mendapat pelayanan maksimal.

“Saat ini sedang dilakukan penjadwalan, secara kebetulan hari ini berkunjung kemari dan melakukan pelayanan bersama-sama dengan pihak Puskesmas kita berharap kepada masyarakat para aseptor yang selama menggunakan Pil suntik dapat segera melakukan peralihan ke MKG karena mudah terjamin lebih permanen ketimbang alat kontrasepsi yang lain, efek samping juga lebih ringan, hampir tidak ada efek sampingnya,” ujar Fakhruradhi

Sementara itu Kepala Puskesmas Sadariah, SKM ,M. kes, mengatakan Puskesmas Bukit Hagu memberikan pelayanan untuk 35 Desa menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) itu pelayanan pemasangan IUD dan implant di Puskesmas bukit Hagu jumlah pasien yang kami kumpulkan akseptor yang datang ke Puskesmas bukit hagu itu kita lebih kurang 76 orang itu terdiri dari pasien-pasien yang dari desa 35 desa tersebut

“Hari ini telah berhasil untuk pemasangan kontrasepsi, namun persiapannya satu minggu yang lalu dan terima kasih atas kerjasama dan tenaganya bersama tim Nakes,” pungkasnya (Munawir)