Ucapan Ramadhan

Warga Amerika Dapat BLT Covid19 Senilai 20 Juta

LINTAS NASIONAL – AMERIKA SERIKAT, Presiden Amerika Serikat Joe Biden memastikan masyarakat negeri Paman Sam akan segera menerima pencairan bantuan langsung tunai (BLT) senilai US$1.400 per orang atau setara Rp20,09 juta (kurs Rp14.350 per dolar AS) pada bulan ini.


Kepastian ini muncul setelah Senat AS menyetujui paket stimulus fiskal pemerintah untuk penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi dari pemerintah senilai US$1,9 triliun atau setara Rp27.265 triliun.

“Hari ini, Senat mengesahkan The American Rescue Plan sekaligus membawa kita selangkah lebih dekat untuk memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan,” tulis Biden dalam akun Twitter @POTUS, dikutip Selasa 9 Mart 2021

Ia berharap persetujuan dari Senat bisa segera ditindaklanjutinya untuk penandatanganan dan pencairan stimulus.

“Saya berharap The American Rescue Plan dapat diterima dan disahkan dengan segera oleh Kongres, sehingga dapat dikirim ke meja saya untuk ditandatangani,” katanya.

Selain memberikan BLT kepada masyarakat, Biden juga akan memberikan pemerintah negara bagian dan lokal sekitar US$350 miliar atau setara Rp5.022,5 triliun. Lalu, sekolah juga akan mendapat pagu bantuan senilai US$130 miliar atau Rp1.865,5 triliun.

Kemudian, sekitar US$49 miliar atau Rp703,15 triliun dialokasikan untuk penelitian vaksin covid-19. Untuk distribusi vaksin, pagunya berkisar US$14 miliar atau Rp200,9 triliun.

“Rencana ini dimulai pada Maret kepada orang-orang Amerika yang sangat membutuhkan bantuan,” ucap Biden, dikutip dari AFP. (Cnn)