Abu Sanusi, Eks Panglima GAM Wilayah Peureulak Meninggal Dunia

LINTAS NASIONAL – ACEH TIMUR, Innalillahi Waiinna Ilaihi Rajiun, kabar duka datang dari keluarga besar Komite Peralihan Aceh (KPA) salah salah satu eks petinggi GAM Abu Sanusi bin Teungku Muhammad meninggal dunia.


Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) wilayah Peureulak tersebut menghembuskan nafas terakhir pada Selasa 29 Desember 2020 pukul 07.00 Wib di Desa Kruet Lintang Kecamatan Pereuelak Timur Kabupaten Acrh Timur.

Kabar mrninggalnya Abu Sanusi sangat cepat menyebar luas di Grup-grup Whastap dan media sosial, pasalnya Abu Sanusi merupakan salah satu panutan dari kalangan GAM dan masyarakat.

Abu Sanusi bergabung dengan Anggota Pasukan Gerakan Aceh Merdeka 1976
Sesepuh GAM tersebut pernah menjabat Panglima Gerakan Aceh Merdeka wilayah Peureulak.

Setelah perdamaian Aceh Abu Sanusi juga pernah menjabat Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) wilayah Peureulak periode 2005–2012.

Sementara di politik Abu Sanusi pernah menjabat Ketua DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Timur periode 2007–2011
dan juga menjabat Anggota Majelis Tinggi Partai Nasional Aceh (PNA) periode 2012–2017.

Pada 2008 silam Abu Sanusi pernah ditangkap di desa Kruet Lintang, Kecamatan Peurelak Kota bersama dengan Ridwan wakil ketua Partai Aceh oleh aparat Kodim Langsa dan Aceh Utara.

Abu Sanusi juga salah Satu mantan petinggi GAM yang paling dicari oleh TNI saat konflik, ia juga sangat disegani oleh pasukan GAM di seluruh wilayah Aceh. (Red)