Bupati Bireuen Lantik Empat Imum Mukim Kecamatan Makmur

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, pada Rabu, 2 Juli 2020 melantik empat imum mukim wilayah Kecamatan Makmur di Geudung Serba Guna Kecamtan Makmur Kabupaten Bireuen.


Mereka yang dilantik dan diambil sumpahnya masing-masing Tgk. Husaini imum mukim Suka Makmur, Tgk M Isa Imum mukim Suka maju, Tgk Syarifuddin Imum mukim Suka jaya dan Tgk Muhibbuddin Imum mukim Suka damai.

Prosesi Pelantikan Imum Mukim turut di hadiri, Camat Makmur, DPRK Bireuen Zulkarnaini unsur Forkopimcam Makmur, Imum Syiek, Keuchik dan Sekdes, Tuha Peut dan Tuha Lapan, Tokoh Agama, Masyarakat dan Adat dalam Kecamatan Makmur.

Dalam agenda tersebut Anggota DPRK Bireuen asal Makmur Zulkarnaini juga mengucapkan selamat atas pelantikan 4 Imum Mukim yang baru, sembari berharap untuk sama-sama bersinergi membangun Kecamatan Makmur yang saat ini jauh tertinggal dari kecamatan-kecamatan lain di Bireuen.

Bupati Bireuen Muzakkar meminta kepada ke Empat mukim yang dilantik untuk melaksanakan pengabdiannya dengan mencurahkan segala pikirannya untuk kemajuan makmur tercinta.

Muzakkar menjelaskan, tugas utama mukim berdasarkan qanun adalah menyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan peningkatan pelaksanaan syariat Islam.

“Mukim memiliki peran sentral di dalam masyarakat, selain bertindak sebagai pemuka penyelenggara adat dan perselisihan adat, secara undang-undang, peran mukim secara hirarkis pemerintahan, berada di bawah camat dan di atas Keuchik,” ujar Muzakkar

Beliau juga mengharapkan Mukim baru ini dapat menjalankan tugas dengan baik, jujur dan adil, serta bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasnya. (YN)