Innalillahi, Rakyat Aceh Berduka, Ulama Kharismatik Abu Paloh Gadeng Berpulang

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun, Kabar duka mrnyelimuti Rakyat Aceh, Salah satu Ulama kharismatik Tgk H. Mustafa Ahmad atau akrab disapa Abu Paloh Gadeng Meninggal Dunia.


Abu Paloh Gadeng meninggal pada Rabu 16 Desember 2020 sekitar Pukul 10.30 WIB. di Rumah Sakit Umum Zainul Abidin Banda Aceh.

Kabar meninggalnya beliau sangat cepat beredar di grup-grup WA, dan media Sosial, Rakyat Aceh Berduka, semoga Amal Ibadah beliau diterima di sisiNya.

Belum ada informasi sakit yang diderita Avu Paloh Gadeng sehingga harus dirawat di RSUZA.

Biografi Abu Paloh Gadeng

Kharismatik, cerdas dan kritis. Begitulah sosok Teungku Haji Mustafa Ahmad. Setelah menimba ilmu selama 21 tahun di dayah yang dipimpin ulama besar Abu Tumin Blang Bladeh, Bireuen, ia mendirikan Dayah Darul Huda di Paloh Gadeng, Dewantara, Aceh Utara tahun 1987. Itu sebabnya, ulama yang disegani ini disapa Abu Paloh Gadeng.

Dayah Abu Paloh Gadeng saat ini memiliki seribuan santri putra dan putri. Dayah yang telah mencetak ratusan kader ulama, memiliki asrama putra dan putri.

Abu Paloh Gadeng lahir di Gampong Uteun Bunta, Peusangan, Bireuen, pada 27 Desember 1949. Dari perkawinannya dengan Ummi Saifiatuddin, ia memiliki delapan anak, yaitu Zunuwanis, Rahmah, Marhamah, Muhammad Nazir, Baidarus, Wardah, Ihsan Maulana dan Maisarah. “Anak-anak saya juga menimba ilmu di dayah Abu Tumin,” kata beliau.

Abu Paloh Gadeng menamatkan pendidikannya di Pendidikan Guru Agama Muhammadiyah Bireuen. Ia juga pengurus Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Utara. Mulanya, menjabat Wakil Ketua MPU, lalu terpilih menjadi ketua MPU sejak 2008 sampai sekarang. Ia memimpin MPU Aceh Utara bersama Abu Panton sebagai wakil ketua dan Abu Abdul Manan, juga wakil ketua. Selain MPU, ia juga Ketua Persatuan Tarbiyah Islam (Perti) Aceh sejak 15 tahun lalu. (Red)