Ketua APDESI Bireuen Ingatkan Keuchik untuk Hati-hati Mengelola Dana Desa

Bahrul Fazal M. Puteh

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintahan Desa (APDESI) Kabupaten Bireuen Bahrul Fazal M. Puteh mengingatkan seluruh Keuchik dan Aparatur agar berhati-hati dalam mengelola Dana Desa.


Hal itu disampaikan oleh Bahrul Fazal pada acara pelantikan pengurus Ketua dan pengurus DPK APDESI Pandrah masa bakti 2021-2026 pada Senin 22 Februari 2021 yang dilaksanakan di Aula kantor Camat setempat, bahrul mengatakan lahirnya Undang-undang Desa melalui proses yang sangat panjang.

“Disahkan UU nomor 6 Tahun 2019 tidak gampang seperti yang kita pikirkan, Tiga nyawa Kepala Desa melayang dalam memperjuangkan UU tersebut ketika melakukan unjuk rasa sudah sejak Tahun 2008 lalu agar UU tersebut disahkan,” ujar Bahrul

Lanjutnya, berkat perjuangan dan proses yang begitu panjang maka lahirlah UU tersebut, sehingga bisa dinikmati oleh seluruh Kepala Desa dan masyarakat Indonesia.

“Sejak disahkan UU tersebut peradaban pembangunan di Desa-desa berubah drastis, kita harus memahami tujuan Pemerintah menggelontorkan Dana Desa puluhan Triliun, tidak lain tujuannya adalah untuk memajukan ekonomi di masyarakat, dan itu merupakan tanggung jawab besar kita para Keuchik dan perangkat,” tegas Bahrul Fazal

Ketua APDESI Bireuen Bahrul Fazal (Tengah) didampingi oleh Camat, Kapolsek serta Danramil Kecamatan Pandrah pada Acara pelantikan DPK APDESI Pandrah pada Senin 22 Februari 2021

Pada kesempatan itu dihadapan Keuchik, perangkat, Camat, Kapolsek dan Danramil, Bahrul Fazal menjelaskan bahwa APDESI merupakan wadah untuk menampung aspirasi perangkat Desa.

“Disinilah tempat kita perjuangkan hak dan kewajiban Keuchik dan Perangkat Desa, wadah untuk menyelesaikan semua permasalahan yang kita hadapi,” imbuh Bahrul

Keuchik Cot Bada Kecamatan Jeumpa tersebut meminta pengurus APDESI, para Keuchik untuk bersinergi dengan Camat, Kapolsek dan Danramil dalam membangun Kabupaten Bireuen.

“Kita harus menjalin kerjasama yang baik untuk membangun Desa serta bersinergi dalam menyelesaikan semua permasalahan yang terjadi, tugas dan tanggung jawab membangun Bireuen ada di pundak kita, dalam hal ini kekompakan sangat diperlukan,” tegas Bahrul Fazal.

Acara pengukuhan tersebut dihadiri oleh Camat Pandrah, Hasan Basri S.Sos, Kapolsek Fajriadi SH, Danramil M. Gade, Imum mukim, seluruh Keuchik, perangkat Desa, imum mukim, pendamping Desa, tokoh masyarakat serta sejumlah tokoh perempuan di Kecamatan Pandrah. (Red)