Kiprah Hj. Rizayati, Perempuan Aceh Peraih Sejumlah Penghargaan Tingkat Nasional dan Internasional

Hj. Rizayati bersama Suami, Imran Abdul Hamid (Ist)

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Penghargaan demi penghargaan kembali diraih perempuan asal Aceh ini, banyak orang dari berbagai kalangan masih penasaran dan ingin dekat dengan sosok perempuan ini.

Namanya Dr (Cn) Hj Rizayati SH MM, Ia merupakan perempuan muda asal Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh, Meskipun sudah lama berkiprah di dunia politik dan bisnis di tingkat nasional dan Internasional, namun sejak setahun terakhir namanya melejit lewat prestasi-prestasi yang diraihnya.

Kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukannya membuat perempuan kelahiran Bireuen 36 Tahun lalu tersebut dikenal luas di seantero Indonesia serta mendapat berbagai penghargaan baik di tingkat nasional dan Internasional.

Sosoknya pun sangat sederhana, berteman tanpa mengenal Suku, Ras, Golongan dan Kasta, tidak ada batas bagi siapapun yang ingin berjumpa dengan dirinya, meskipun sukses dan berkiprah di Ibukota Jakarta namun perempuan yang akrab disapa Kak Dek tersebut hingga kini tidak melupakan kodratnya sebagai kebiasaan wanita.

Walaupun hari-harinya menjalani kegiatan yang super sibuk, namun masih tetap menyempatkan diri memasak untuk suami dan anak-anaknya serta anggota keluarga yang lain, bahkan sering mengundang para karyawannya serta koleganya untuk mencicipi masakannya, ia juga menyiapkan keperluan anak-anaknya sebelum berangkat ke sekolah.

Istri dari Imran Abdul Hamid tersebut merupakan pimpinan PT. Imza Rizky Jaya Group yang berkantor di The Plaza Office Tower 25th Floor, Jl. MH. Thamrin Kav. 28-30 Gondangdia, Jakarta Pusat yang saat ini menangani sejumlah proyek strategis Nasional diantaranya Program Indonesia Terang, Pembangunan Jalan Tol, Rumah Sakit, pengembangan pariwisata serta sejumlah proyek lainnya.

Selain itu Hj. Rizayati juga juga mengembangkan sejumlah UMKM untuk membantu ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja diantaranya lewat Koperasi yang memproduksi Kopi Gayo berkualitas yang diberi nama “Riza Coffee,” yang kini mulai di ekspor ke manca negara.

Untuk membantu peningkatan ekonomi kaum milenial Hj Rizayati juga membuka dan mengembangkan UMKM Harmonis Fried Chicken (HFC) di seluruh Indonesia yang saat ini sudah ada di sejumlah daerah di Nusantara.

Dibidang kemanusiaan PT. Imza Rizky Jaya menggandeng Lembaga Kemanusiaan Eddie Foundation untuk menyalurkan dana CSR kepada masyarakat bawah, diantaranya pembangunan rumah layak Huni, membantu pengobatan bagi anak-anak penderita penyakit kronis serta orang-orang yang memiliki keterbatasan lainnya, ia menyalurkan lampu PJUTS untuk Dayah-dayah dan pondok pesantren serta membantu pemerintah dalam menangani Covid19 dengan memberikan hibah APD dan masker ke sejumlah Rumah Sakit dan Puskesmas.

PT Imza Rizky Jaya Group dan Eddie Foundation pada Tahun 2021 mendatang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat akan mengekspor daging sapi dan domba serta hewan ternak lainnya ke beberapa negara di Asia, Timur Tengah, Afrika dan Amerika.

Pada Bulan Oktober lalu, Presiden Direktur PT. IRJ tersebut juga telah melakukan penandatanganan kontrak dan MoU dengan sejumlah perusahaan Internasional di Korea Selatan untuk investasi proyek strategis di Indonesia.

Pemerintah dan sejumlah perusahaan Korea Selatan berkat lobi Hj. Rizayati setuju melakukan investasi di Indonesia di bidang Kesehatan diantaranya pembangunan Rumah Sakit di Sabang, Aceh serta akan membangun pabrik motor dan mobil listrik di Indonesia, pembangunan Hotel serta berinvestasi di bidang pariwisata di sejumlah daerah di Indonesia.

Pada Selasa 1 September 2020 lalu tepat di hari ulang tahunnya ke 36 Hj Rizayati, SH, MM menggelar tasyakur Indonesia Terang ia meluncurkan biografi singkat bertajuk Menembus Batas, Ruang dan Masa karya Syaifurrahman Al Banjari.

Kepada wartawan lintasnasional.com pada suatu kesempatan Rizayati menuturkan, semua program yang dilakukannya murni untuk membantu pemerintah dalam upaya memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat, rumah layak huni, pesantren/balai pengajian, masjid/meunasah, sampai untuk penyandang disabilitas serta orang-orang yang memiliki keterbatasan lainnya.

“Kejujuran adalah kunci sukses, itulah yang saya ajarkan kepada anak-anak saya, para Karyawan serta para kolega kami, siapapun yang ingin bekerjasama kejujuran harus diutamakan,” kata Rizayati

“Jadi, jangan kait-kaitkan bantuan kami dengan politik, ini murni ingin membantu orang-orang yang lebih membutuhkan, kami akan selalu hadir jika masyarakat membutuhkan,” katanya melanjutkan

Bagi Rizayati sedekah dan membantu sesama adalah suatu keniscayaan dalam kehidupan. Sebab, ia yakin Allah SWT akan senantiasa bersama mereka yang gemar bersedekah.

Aksi ‘Sedekah Sosial’ yang digagasnya tidak hanya terbatas untuk masyarakat Aceh, melainkan daerah-daerah lain di Indonesia yang membutuhkan uluran tangan dari para dermawan.

Hj Rizayati selama ini dikenal cukup dekat dengan masyarakat bawah, ulama, dan pesantren khususnya di Aceh yang merupakan tanah kelahirannya.

Terima Sejumlah Penghargaan dan Gelar Adat

Karena berkinerja bagus, gemar membantu sesama dan mampu mengembangkan usaha ditengah Pandemi Dalam setahun terakhir Hj. Rizayati dan PT Imza Rizky Jaya Group meraih berbagai penghargaan dari sejumlah lembaga, baik tingkat nasional dan internasional.

Penghargaan yang diterima Hj. Rizayati pada Tahun 2020:

-Pada 1 September 2020 tepat di hari ulang tahunnya ke 36 Hj. Rizayati dinobatkan sebagai wanita Inspiratif Tahun 2020 versi majalah Opini

-Pada Oktober 2020 Rizayati mendapat penghargaan dari Lembaga Seven Media Asia, dengan katagori “The Best Inovative Woman Bussines Figures 2020” di Harris Hotel Residences Sunset Road Kuta, Bali.

– Pada November 2020, Hj.Rizayati, juga kembali menerima penghargaan dari lembaga Aplus Creative Indonesia dengan katagori, ”The Most Excellent Lighting Contractor & Service Excellent 2020,” di Ball Room The Phoenix Hotel, Yokjakarta.

– Masih di Bulan November, Rizayati lagi-lagi meraih penghargaan, kali ini dari Indonesia Development Acheivement Foundation (IDAF) bekerjasama dengan Venna Event Management denga Kategori TheBest National Acheivement Prestigious Award 2020 kategori Leading Company in Construction of The Year 2020 di Singosari Room Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta.

Selain menerima penghargaan Hj. Rizayati juga disemat sejumlah gelar Gelar Adat diantaranya:

– Gelar kehormatan “Datin Sri” oleh komunitas Martabat Jalinan Muhibbah Malaysia (MJMM), Selangor, Malaysia yang bertepatan pada hari lahirnya Presiden komunitas Yang Berbahagia Dato Paduka Ayahanda Kaptain Abdul Rani Bin Kulub Abdullah di Bilangan Shah Alam, Selangor.

– Pada 2018 lalu Hj. Rizayati karena komit melestarikan budaya Sunda, ia disematkan gelar kehormatan “Ratu Kasundaan,” di Padepokan Seni Budaya Komunitas Iket Tata Pakuan (Kitapak) Tereuh Pajajaran yang berlokasi di Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk

– Sementara di tanah kelahirannya Hj. Rizayati dinobatkan sebagai Srikandi Cut Nyak Cahaya Jeumpa, dikukuhkan di Kompleks Makam Raja Jeumpa, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, oleh ulama kharismatik Aceh, Tgk H Muhammad Amin (Abu Tumin) Blang Bladeh dan tokoh adat Bireuen berpengaruh, Tgk H Muhammad Yusuf. (Red)