Ucapan Ramadhan

Rekam Jejak Teuku Eddy Faisal Rusydi, Aktivis Kemanusiaan dan Penulis Buku

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Sosok Teuku Eddy Faisal Rusydi akhir-akhir ini banyak diperbincangkan publik baik di Aceh maupun di level Nasional, pasalnya melalui Lembaga Kemanusiaan Eddie Foundation Ia banyak membantu masyarakat miskin melalui ragam aksi sosialnya.


Namun tidak banyak yang tahu selain berprofesi sebagai Pengacara dan Konsultan Paten Dr (Cn). Teuku Eddy Faisal Rusydi, SHI., M.Sc., CM., CTT. (K) juga merupakan peneliti dan penulis produktif, baik buku, essai, artikel dan opini di sejumlah media nasional. Sejauh ini Teuku Eddy telah menulis sejumlah judul buku yang tersebar di berbagai pustaka dan toko buku di seluruh Indonesia. Beberapa diantaranya jadi rujukan mahasiswa di Universitas seperti buku “ psikologi kebahagiaan “ dan bahkan ada yang menjadi objek penelitian seperti novel “ Kala Cinta Mengguncang Arasy Ilahi “ terbitan Quills Books Yogyakarta.

Teuku Eddy begitu sapaan akrabnya merupakan Intelektual Aceh kelahiran Gampong Tingkeum Manyang, Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen pada 25 Juni 1982 yang kini menetap di Jakarta Pusat yang tulisan – tulisannya banyak berkonsentrasi dibidang agama, politik, penelitian sosial, demokrasi, novel, dan institusi Polri.

Beberapa judul Buku yang pernah ditulis oleh Teuku Eddy Faisal Rusydi diantaranya:

Pengesahan kawin Kontrak penerbit Pilar Media Yogyakarta Tahun 2007

Psikologi Kebahagiaan penerbit Progresif Books Yogyakarta Tahum 2007

Kala Cinta Mengguncang Arasy Ilahy Quill Books Yogyakarta Tahun 2008

Polisi Ideal, sebuah Harapan penerbit Gerbang Pustaka Yogyakarta Tahun 2010

Menyemai Cinta Dalam Keluarga, Gerbang Pustaka Yogyakarta Tahun 2010

Runtuhnya Hegemoni Amerika Gerbang Pustaka Yogyakarta Tahun 2010

Bunga Rampai Demokrasi Gerbang Pustaka Yogyakarta Tahun 2010

Penelitian Sosial; Sebuah Pengantar Bagi Peneliti Pemula Gerbang Pustaka Yogyakarta Tahun 2010.

Pemikiran Politik Prabowo Subianto

Serta sejumlah Buku lainnya yang saat ini sudah beredar di sejumlah Pustaka, Toko Buku dan ditengah-tengah masyarakat Indonesia

Ditengah berbagai kesibukannya, selain aktif menulis Buku Teuku Eddy juga aktif menulis di berbagai media massa nasional, beberapa pemikirannya :

Militerisme sipil dan demokrasi

Perempuan dan kekerasan di ruang domestik

Indepedensi Polri dan Hambatan Kemandurian

Abri dari masa ke masa

Polri dan kombatan menuju Civilian

Mendambakan polisi sipil yang kuat

Serta sejumlah artikel lainnya dengan berbagai judul yang pernah dimuat di sejumlah media massa nasional.

Teuku Eddy juga berprofesi sebagai pengacara di Jakarta, Ia juga dikenal luas sebagai Mediator terdaftar lembaga Terakreditasi Mahkamah Agung lulusan Master Perdamaian dan Resolusi Konflik UGM dan Doktor dibidang Hukum Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS).

Di dunia Bisnis lintas negara Teuku Eddy dipercayakan sebagai sebagai Presiden Dewan Perniagaan Usahawan Kecil Malaysia Capture Republik Indonesia, disamping itu Ia juga CEO Eddie, Farid And Global Counsulting. SDN. BHD, suatu perusahaan konsultan internasional miliknya yang bermarkas di Kuala Lumpur, Malaysia, Ia juga tercatat sebagai Direktur lembaga riset Peace Institute dan Komisaris Utama PT. Imza Rizky Jaya Group yang berkedudukan di Plaza Indonesia, Bundaran Hotel Indonesia Jakarta Pusat.

Selain itu Teuku Eddy juga aktif di bidang politik, ia juga sering dipakai menjadi Konsultan politik para politisi Tanah Air. Baru-baru ini bersama Dr. (Cn) Hj. Rizayati SH, MM dan sejumlah tokoh nasional lainnya seperti Dr. HM. Gempar Soekarnoputra, SH., MH, Mabruri Ex Pendiri Partai Garuda, dan Dr. Said Fadhil, SH., M. Hum Ex Kepala BPKS Sabang mendirikan partai politik nasional “ Partai Indonesia Terang (Pinter) “ dan Teuku Eddy didapuk sebagai Sekretaris Jenderal di DPP Partai yang berkantor pusat di Jakarta Timur tersebut. (Red)