APDESI BIREUEN

Ucapan Idul Fitri 2021

Lia Eden, Wanita yang Mengaku Malaikat Jibril Meninggal Dunia

Ucapan Idul Fitri 2021

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Lia Eden yang sempat viral usai mengaku sebagai malaikat Jibril meningal dunia, Jumat (9/4/2021). Perempuan dengan nama asli Lia Aminuddin itu meninggal di usia 73 tahun.


Semasa hidupnya, Lia Eden pernah berurusan dengan polisi dan dijerat dengan penodaan agama pada 2005. Saat itu, komunitas Eden yang berdiri pada 2004 dianggap meresahkan warga Kelurahan Bungur, Senen, Jakarta Pusat.

“Lia Eden (Lia Aminudin) yang sejak 1995 meyakini terus menerima bimbingan malaikat Jibril telah meninggal Jumat lalu (9/4),” tulis akun Instagram Kabar Sejuk (Serikat Jurnalis untuk Keberagaman), Minggu 11 April 2021.

Berdasarkan penelusuran litbang MNC Portal Indonesia, keresahan warga terjadi pada 26 Desember 2005. Saat itu, Komunitas Eden mengancam akan mencabut nyawa para ulama bila tetap melanjutkan rencana menggelar tablig akbar di Masjid Maranti, Bungur.

Tablig tersebut mengusung tema membongkar Jibril palsu dan kesesatan Lia Aminuddin. Pimpinan Kerajaan Eden ini dianggap telah menyebarkan paham yang menyimpang ajaran Islam.

Pada 26 Desember 2005, warga mendatangi rumah Eden menolak dan menghentikan kegiatan atau meninggalkan rumah yang mereka tempati. Kondisi tersebut membuat warga khawatir peristiwa pengusiran yang diwarnai kekerasan terhadap kelompok Lia di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, terjadi di lingkungan mereka.

Namun keesokan hari, Komunitas Eden bergeming. Mereka tetap menjalankan rutinitas seperti biasa. Mereka juga menyatakan tidak akan pindah dari rumah tersebut walaupun mendapat tekanan dari warga.

Kemarahan warga memuncak ketika Lia mengaku sebagai Malaikat Jibril. Bahkan, mereka berencana akan menyerbu surga Eden berlantai dua itu.

Kemudian, pada 29 Desember 2005, polisi mengamankan Komunitas Eden ke Mapolda Metro Jaya. Ketika itu, Lia dan pengikutmya takut harta dan nyawa mereka terancam warga sekitar. Namun polisi bersikeras membawa sekira 30 jemaah dan Lia Eden walapun harus dibopong. (inews)