Ucapan Ramadhan

Musda KNPI Bireuen Siap Digelar, Ini Harapan Tu Ih kepada Kedua Kandidat

Iskandar alias Tu Ih

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Musyawarah Daerah (Musda) ke V Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bireuen sebentar lagi bakal digelar, wadah tempat berkumpulnya para pemuda ini bakal mencari pemimpin baru untuk periode kedepan.


Sudah dipastikan Dua Tokoh muda Bireuen yakni Muammar Khadafi S.Pd.I dan Rahmad S.Sos MAP akan bertarung di Musda KNPI yang akan digelar pada 9 April 2021 mendatang.

Suhu panas pun sudah mulai terasa dan dibicarakan oleh Ketua-ketua OKP pemilik suara sah dan sejumlah tokoh pemuda Bireuen, pasalnya kedua kandidat sudah mulai melakukan lobi-lobi untuk mencari dukungan para tokoh, OKP serta Pengurus Kecamatan, bahkan Perdebatan dan polemik berkepanjangan di media sosial (medsos) tersaji setelah Rahmad S.Sos, MAP dan Muammar Kadafi S.Pd.I secara resmi mendaftar.

Menanggapi hal itu, salah satu pemuda Bireuen, Iskandar atau akrab disapa Tu Ih mendukung penuh pelaksanaan Musda ke V KNPI Bireuen, ia berharap acara Musda nantinya berjalan sukses dan dapat melahirkan ketua yang berkompeten.

“Meskipun bukan pemilik suara sah, secara pribadi saya berharap Musda berjalan sukses dan demokratis agar dapat melahirkan ketua yang dapat membawa perubahan di Kabupaten Bireuen,” ujar Tu Ih pada Jum’at 2 April 2021 kepada lintasnasional.com

Selain itu, Tu Ih meminta kepada para OKP dan PK yang memiliki hak pilih agar memilih calon ketua berdasarkan kompetensi yang dimiliki, bukan karena paksaan dan dijanjikan sesuatu.

“Ini adalah forum anak muda, mari sukseskan Musda KNPI dengan Demokrasi, tentukan pilihan sesuai hati nurani, bukan karena paksaan dan uang,” ajak Tu Ih

Kepada kedua kandidat, Tu Ih juga berharap agar bersaing secara sehat, tidak menjelekkan satu sama lain, kerena siapapun yang terpilih nantinya itulah yang terbaik.

“Kita menginginkan KNPI Bireuen kedepan dipimpin oleh sosok yang yang dapat membangun gerakan kepemudaan yang lebih ideal, dan di kepengurusan nantinya diisi oleh Pemuda-pemuda yang cerdas dan berintelektual,” lanjut Mantan Panglima Laskar FPI Bireuen tersebut

Lebih lanjut Tu Ih mengatakan secara Undang-Undang Nomor 40 tahun 2009, peran Organisasi Kepemudaan merupakan salah satu upaya dalam proses pembangunan bangsa, pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan (agent of Change) sebagai perwujudan dari fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukannya yang strategis dalam pembangunan nasional.

Menurut Tuih, hal ini penting untuk mengisi ruang gerak pemuda Bireuen yang mampu menjadi teladan bagi seluruh pemuda yang ada di Kabupaten Bireuen, maka ia mengharapkan, ketua KNPI yang dipilih kedepan setidaknya memenuhi sisi normatifitas dan idealitas.

“Kita sangat menginginkan ketua KNPI yang akan dipilih nanti betul-betul sosok yang pemikiran-pemikirannya masih jernih, intelektual, idealis dan teladan serta taat hukum, sehingga tidak mudah terjerumus pada kepentingan partai satu warna, begitu juga dengan plat merah,” harap pemuda influencer ini

Lanjut Tuih, jika pemuda itu akan menjadi teladan, maka langkah pertama adalah mentaati UU, tidak menabraknya. Kriteria selanjutnya secara idealis, tentu saja menjadi ketua KNPI hendaknya mereka yang dapat dijadikan inspirasi bagi semua.

“Maka kita sesungguhnya perlu sosok yang cerdas, Pemimpin yang cerdas akan dapat mengelola organisasi sekaligus menjadi inspirasi bagi pemuda-pemuda lainnya serta yang tidak kalah pentingnya, sosok ketua KNPI kedepan, adalah orang yang mampu membangkitkan kemandirian para pemuda, jadi bukan cuma mampu melakukan donor darah dan bagi-bagi masker saja,” imbuhnya

Tu ih juga meminta KNPI kedepan agar diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan tidak hanya semata-mata mengharapkan anggaran dari Pemerintah, pemuda kedepan juga dapat menjadi sosok yang mandiri dapat menggali potensi-potensi ekonomi dari sektor kreatif lainnya.

“Bukan berarti tidak boleh menerima anggaran dari Pemerintah, tetapi kita berharap ada jiwa kemandirian yang tumbuh di kalangan pemuda Kabupaten Bireuen,” Tutup, Iskandar (Red)