Partai Pendukung Belum Solid, Pengamat Nilai Nazar SIRA Layak Dampingi Nova

@acehwatch

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Pengamat Politik dan pemerhati kebijakan publik Aceh Usman Lamreung menilai Mantan Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar patut dipertimbangkan untuk mendampingi Nova Iriansyah.


Usman yang juga Akademisi Universitas Abulyatama Banda Aceh tersebut mengatakan dinamika politik Aceh masih berputar pada isu calon Wakil Gubernur pendamping Nova Iriansyah.

Hingga saat saat ini partai pengusung belum menentukan calon yang bakal diusulkan pada Nova Iriansyah, “Mungkin ini karena belum solidnya internal partai pengusung, atau memang belum ada kesepakatan siapa yang bakal diusulkan calon yang dianggap mampu dan kuat, sebagai pelekat pendamping Gubernur Nova,” kata Usman Lamreung kepada lintasnasional.com pada Minggu 29 November 2020.

Menurutnya isu ini sangat menarik dibahas, karena tiba-tiba wakil Gubernur Aceh periode 2007-2012 H. Muhammad Nazar menjumpai Irwandi Yusuf di Lapas Sukamiskin tentunya bukan hanya menjenguk dan sekedar melepas rindu, patut diduga ada nuansa politis, terkait calon wakil Gubernur.

Kata Usman batas waktu pengusulan Cawagub sangat singkat, dan belum solidnya internal partai pendukung, bagusnya Muhammad Nazar sebagai calon alternatif untuk mendampingi Nova di sisa masa jabatan.

“Muhammad Nazar sudah tentu sangat siap dan berpengalaman, karena pernah mendampingi Irwandi Yusuf sebagai Wakil Gubernur tahun 2007-2012, dan pernah satu paket saat Pilkada dengan Gubernur Nova Iriansyah, pastinya sudah sangat berpengalaman, ditambah lagi hubungan dengan Jakarta akan lebih mudah, selama ini Muhammad Nazar selain menjabat Ketua Partai SIRA juga menetap di Jakarta,” kata Usman

Lebih lanjut Usman mengatakan, berdasarkan track record Muhammad Nazar bisa menjadi pertimbangan partai pengusung maupun Gubernur Nova Iriansyah, pastinya ada pertimbangan secara politik.

Usman menilai, Bila ini terjadi tentu bakal ada persaingan dengan partai diluar pengusung, yaitu Partai Aceh, karena dikabarkan Partai Aceh diisukan bakal menunjuk satu calon kuat mereka sebagai Cawagub, namun belum pasti siapa yang akan diusulkan, biarpun tersebar isu ketua partai Aceh Muzakir Manaf (Mualem) sebagai calon yang diusulkan.

“Namun menurut hemat kami isu tersebut belum tentu benar, karena kabarnya Mualem sebagai calon kuat Gubernur Partai Aceh pada pilkada 2022, sudah pasti Partai Aceh bakal mengusung calon alternatif lain, tentu yang sepaham dengan Gubernur Nova Iriansyah,” pungkas Usman Lamreung (Red)