Ucapan Ramadhan

Innalillahi… Bankir Dunia Asal Aceh, Adnan Ganto Meninggal Dunia

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Innalilahi Wainnailaihi Rajiun, Bankir Dunia asal Aceh Dr. HC. H. Adnan Ganto, M.B.A Meninggal Dunia pada Selasa 23 Maret 2021 Pukul 11.30 WIB di RSCM Jakarta.


Berita berpulangnya Adnan Ganto sangat cepat menyebar di media sosial dan melalui Group Whassap.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, telah berpulang ke rahmatullah pak Adnan Ganto. Semoga Allah luaskan kuburnya dan diberikan tempat yang mulia di sisi para aulia dan syuhada,” tulis mantan Walikota Sabang Munawarliza Zainal di laman facebooknya

Adnan dilahirkan di salah satu desa terpencil di Aceh, yakni di Buloh Blang Ara, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara pada 4 Februari 1947.

Adnan Ganto adalah orang Asia pertama yang berhasil menjabat posisi strategis di sebuah Bank Inggris yaitu Morgan Bank Ltd. Di Bank Inggris tersebut ia bekerja selama 23 tahun. Lalu pada tahun 1987, Adnan lalu diangkat menjadi Director Investement Banking di Singapura. Terakhir, Adnan menjabat sebagai Executive Director di New York, Amerika Serikat

Ia juga Bekerja selama 14 tahun pada Bank Belanda, PiersonBank NV, Amsterdam, Holland (yang kemudian merger dengan AMRO BANK NV, Amsterdam). Jabatan terakhir adalah Senior Vice President & Regional General Manager di Hong Kong (1971– 1985).

Adnan juga pernah bekerja selama 23 tahun pada Bank Inggris, Morgan Bank Ltd., London, United Kingdom. (1986- 2008). (Red)